Brilio.net - Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu. Medium dalam melukis bisa berbentuk apa saja mulai dari kapas, kertas, hingga papan. Alat lukis yang digunakan juga beragam, salah satu alat lukis yang paling banyak digunakan adalah kuas.

Pendapat lain menyebutkan, melukis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan sensasi atau ilusi ruangan, gerakan, tekstur, dan bentuk yang sama baiknya dengan tekanan yang dihasilkan dari kombinasi unsur tersebut. Melukis dapat digunakan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan dan mengekspresikan emosi seseorang melalui ungkapan unsur-unsur dan prinsip seni rupa.

Untuk memahami lebih rinci mengenai aktivitas melukis, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (20/9).

Pengertian melukis.

 tahapan dan teknik melukis © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Melukis adalah kegiatan mengekspresikan jiwa pelukisnya melalui media ungkap dan teknik penggarapannya dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa. Seni lukis adalah hasil karya yang menjadi media untuk menyampaikan ide atau gagasan dengan menggunakan media karya berupa garis, bidang, warna, tekstur, dan ruang dalam bidang dua dimensi.

Melukis juga dapat dipahami sebagai suatu kegiatan menggunakan kuas dan cat air dengan mengolah dua dimensi untuk menciptakan kesenangan dan kebebasan pada anak. Melukis juga menjadi kegiatan belajar dengan menggunakan warna, garis, dan bentuk yang disusun dalam suatu media bidang datar baik itu kertas, kanvas, dinding, dan sebagainya.