Brilio.net - Bagi sebagian orang, estimasi mungkin sudah jadi istilah yang cukup familiar. Namun bagi sebagian lainnya, estimasi bisa jadi merupakan kata asing yang tidak diketahui artinya. Sebab, kata estimasi sering kali muncul dan dipakai ketika menyusun proposal atau perencanaan suatu program kegiatan.

Arti estimasi juga sering disamakan dengan perkiraan, penilaian, dan pendapat. Bisa dibayangkan, betapa pentingnya kedudukan estimasi dalam suatu proses perencanaan program kegiatan. Namun mempelajari apa itu estimasi tentu tak akan cukup jika sebatas pada arti sempitnya tersebut. Masih ada banyak hal penting yang perlu diketahui tentang estimasi.

Dirangkum brilio.net dari berbabagai sumber, Jumat (15/4) berikuut ini penjelasan mengenai estimasi.

A. Pengertian Estimasi

estimasi © pixabay.com

foto : pixabay.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti estimasi adalah dalam praktiknya berhubungan dengan suatu proyek. Lebih lanjut, estimasi dijelaskan sebagai proses memperhitungkan biaya yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

Selain arti estimasi dari KBBI, kita juga perlu memahami pengertian estimasi secara umum menurut pandangan ahli. Ada ahli yang menyebut estimasi sebagai suatu proses pengukuran yang kuantitatif atau hasil yang akurasinya dapat diukur dengan angka. Hal ini sejalan dengan praktik estimasi di keseharian, yang selalu menggunakan tolok ukur angka yang jelas, meski terkadang tidak diperoleh hasil yang tepat sasaran.