Brilio.net - Erupsi Gunung Semeru bukan hanya menyisakan duka bagi keluarga korban dan orang-orang sekitar, tapi juga dampak parah yang diakibatkan oleh awan panas guguran (APG) serta material lain yang keluar dari Semeru. Hingga Selasa (7/12) total warga yang mengungsi sebanyak 3.697 jiwa. Sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Menurut laporan Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Dampak AGP Gunung Semeru, Selasa (7/12) sebanyak 56 orang mengalami luka-luka, 17 orang masih dinyatakan hilang dan 34 orang dinyatakan meninggal dunia. Dampak dari erupsi Gunung Semeru ini juga dirasakan oleh hewan-hewan ternak milik warga sekitar.

Beragam unggahan baik foto maupun video di media sosial memperlihatkan tim penyelamat ketika mengevakuasi hewan-hewan yang tertumpuk abu vulkanik Semeru. Salah satu postingan itu bahkan diunggah sendiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dalam foto yang diunggah oleh Khofifah, seorang pria tampak menggendong seekor ikan mas berukuran cukup besar yang selamat dari tumpukan abu vulkanik Gunung Semeru.

ikan mas selamat dari erupsi semeru © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@khofifah.ip

Badan ikan itu tampak normal tanpa ada luka bakar. Hanya bagian kepalanya yang penuh dengan abu dari erupsi Gunung Semeru.

Peristiwa ajaib ini diartikan oleh Khofifah sebagai satu kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa. Lewat pesan singkat yang tersematkan di keterangan foto, Khofifah ingin masyarakat di Kabupaten Lumajang bangkit kembali untuk menata hidup.

"Ikan mas ini berhasil selamat dari awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, Sabtu (4/12). Padahal, rumah-rumah di Kampung Renteng, Lumajang tempat ikan mas ini diketemukan, semuanya hampir tertutup abu vulkanik," tulisnya.

"MasyaAllah. Kun Fayakun, jika Allah SWT berkehendak, maka tidak ada yang mustahil terjadi. Kepada seluruh pengungsi, Fa inna ma'al 'usri yusra Inna ma'al 'usri yusra. Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Lumajang Bangkit !!! " pungkas Khofifah.

Seketika unggahan dari Gubernur Jawa Timur tersebut langsung menarik perhatian warganet lain. Mereka yang melihat sama terherannya dengan peristiwa ikan mas yang selamat dari erupsi.

"Dan berkat bapak yang baik ikan mas pun tak terselamatkan" komentar @sam_munggo.

"Lari dong pak cari air takut ikannya engap gk bisa nafas," timpal @emanovvy.

"Fix menjadi Legenda Atau Mitos Yang melekat," tambah @ricardoamrizal.

"Masayallah makasih orang2 baik ya udah selamatin hewan2 juga terharuu...smg kebaikan kalian semua Allah yg balas ya kak...cepat pulih jawa timur...," tulis @ditaatika93.

Bukan hanya ikan mas, banyak hewan-hewan lain yang secara ajaib selamat dari erupsi Semeru pada Sabtu (4/12). Misalnya saja ada kucing dan bebek yang selamat dan masih hidup saat ditemukan. Postingan penemuan hewan-hewan yang selamat itu ramai dibagikan di TikTok dan menjadi viral.