Brilio.net - Bank Indonesia (BI) resmi mengeluarkan tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada Kamis (18/8). Kali ini, uang yang diluncurkan adalah pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000.

Dalam desain uang rupiah baru ini, tetap menampilkan gambar pahlawan nasional di bagian depan. Sementara, di bagian belakangnya didesain dengan menampilkan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Yang unik dari uang kertas baru ini ada tiga aspek inovasi di dalamnya.

Aspek inovasi dalam pembuatan uang kertas baru yang dimaksud adalah inovasi penguatan, desain yang lebih tajam sehingga lebih aman dan lebih sulit dipalsukan, serta penampakannya semakin berkualitas dan terpercaya.

penampakan asli uang rupiah baru © berbagai sumber

foto: TikTok/@anthony.dodo

Sejak diluncurkan, uang rupiah baru ini penampakannya bikin warganet penasaran. Pemilik akun TikTok @anthony.dodo mengunggah video penampakan asli uang kertas baru yang diluncurkan Bank Indonesia.

Dalam video tersebut, tampak desain dan warna uang rupiah baru yang tampak lebih tajam. Selain itu, yang bikin warganet salah fokus adalah ukuran uang kertas tampak lebih pendek atau lebih kecil dari uang yang sekarang beredar.