Ras tersebut adalah ras Korea yang tinggal di kawasan Asia Timur. Diketahui, orang Korea tidak akan bau badan sekalipun tubuh mereka berkeringat.

Kok bisa ya? kira-kira apa rahasianya? Langsung aja, dilansir kamu simak ulasannya berikut ini.

Gen 'Beda' orang-orang Korea.

Orang-orang Korea adalah ras yang tidak punya bau badan Berbagai sumber

foto: newsdelivers.com

Dilansir brilio.net The Korean Times pada Rabu (25/1) dari, kebanyakan orang Korea tidak memiliki bau badan ternyata bukan mitos belaka. Alasan mereka tidak bau meski menjalani aktivitas tinggi bukan karena pengobatan. Namun, ini tidak lain adalah gen dalam kromosom tubuh mereka.

The Korea Times menyebutkan, ada gen yang mempengaruhi bau badan orang-orang Korea. Gen tersebut dikenal sebagai ABCC11. Gen ABCC11 dimiliki oleh hampir semua orang di Asia Timur, terutama Jepang dan Korea.

Apa itu Gen ABCC11?

Orang-orang Korea adalah ras yang tidak punya bau badan Berbagai sumber

foto: koreatimes.co.kr

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gen ABCC11 memiliki pengaruh terhadap bau badan seseorang.

Menurut penelitian dari Universitas Bristol, seseorang dengan gen langka ini memiliki keringat yang tidak berbau. Selain bau badan, gen ABCC11 juga mempengaruhi kondisi telinga mereka. Sebagian besar cenderung memiliki kotoran telinga yang kering.

Hal ini sangat berbeda dengan masyarakat di Benua Eropa. Kebanyakan dari mereka memiliki bau badan yang menyengat saat beraktivitas. Kondisi kotoran telinga juga cenderung basah dan lengket. Ini karena mereka tidak memiliki gen ABCC11.

Fakta tentang deodorant di Korea.

Orang-orang Korea adalah ras yang tidak punya bau badan Berbagai sumber

foto: koreaboo.com

Mengingat hampir semua warga Korea Selatan tidak memiliki bau badan, hal ini juga yang membuat produk deodoran jarang ditemukan di Negeri Ginseng tersebut. Beberapa orang hanya menggunakan produk perawatan kulit untuk ketiak. Namun, kamu masih bisa membeli produk ini di beberapa toko, namun dengan harga yang cukup terjangkau.

Seperti yang dipublikasikan oleh para peneliti di University of Bristol di Inggris dalam Journal of Investigative Dermatology tahun 2013, gen ABCC11 dipercaya memiliki kaitan dengan asam amino di dalam tubuh. Saat bakteri memecah protein dalam keringat, hasilnya adalah bau badan yang menyengat.

Namun, jika kadar asam amino rendah, bakteri sulit berkembang biak. Nah, itulah fakta menarik bagi orang Korea yang jarang atau hampir tidak pernah memakai deodoran dan bau keringat tidak menyengat.