Ceritanya sederhana tapi tragis. Di malam sebelumnya, pengunggah punya stok tempe yang pengin ia masak keesokan paginya. Karena itu, ia memotong tempenya terlebih dahulu lalu meletakkanya di sebuah mangkuk.

Namun, keesokan harinya, ketika pagi pengunggah hendak memasak, bentuk tempenya malah nggak karuan. Tempe yang sudah dipotong itu malah menyatu lagi dan bentuknya menjadi seperti mangkuk yang jadi wadahnya.

"malem2 aq potongi biar pas pagi masak cepet tinggal srenggg. eh malahhh jadi tempe mangkok astagaa jadi tambah sulit aja hidup inii," kata pengunggah di keterangan tertulis dalam video.

Gagal sat-set masak tempe © TikTok

foto: TikTok/@mamak.atha

Memang, tempe yang sudah dipotong tak bisa didiamkan di satu tempat dalam waktu yang lama. Sebab, kedelai yang sudah melalui proses fermentasi tersebut bakal terus memproduksi perekat yang bakal menyatukan biji satu dan lainnya.

Perekat tersebut berasal dari mikroba yang dihasilkan dari proses fermentasi, biasanya berupa jamur rhizopus. Jamur itulah yang bakal terus memproduksi perekat di permukaan kedelai yang bernama miselium.

Gagal sat-set masak tempe © TikTok

foto: TikTok/@mamak.atha

Alhasil, video yang diunggah @mamak.atha itu viral di TikTok. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton 1,8 juta kali, disukai 21,2 ribu kali, dan dikomentari 1024 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"saya jg pernah gitu mo bikin tempe mendoan maksud nya biar tar tinggal goreng eeeh malah bersatu padu mereka ga mo pisah ," ujar akun @enisuhaeni97.

"aku juga pernah. pas di pesantren blan rmdhan. niatnya buat sahur biar gk repot eh sama aja," tulis akun @nchaa42.

"biar gak leket begitu habis di potong masukin kedalam plastik di ikat rapat jangan ada udara masuk di jamin gak nempel," komentar akun @tuyibah80.

@mamak.atha pengen mempermudah hidup ehhh tambah jadi #tempemangkok #fyp #butuhkewarasan Ini Parah Ni - A Kiil Mustafa