Barang yang perlu kamu siapkan antara lain empat botol minum bekas. Dalam video ini botol yang dipakai berukuran 1,5 liter. Kemudian, buat lobang pada dua botol yang kamu punya. Buat sebanyak mungkin lobang pada permukaan botol.

"cukup siapkan 4 botol dan 2 botolnya buat lubang," salah satu kutipan video.

bikin kipas sedingin ac © TikTok

foto: TikTok/@zona.check.out

Langkah selanjutnya yaitu buat lobang pada masing-masing tutup botol, lalu tempelkan ujung botol dengan ujung botol plastik lain yang tidak diberi lobang sampai rapat. Kamu bisa menggunakan lem tembak untuk merekatkan antar botol.

"tempelkan botol yang tidak dilubangi sampai rapat," tulisnya.

Jangan lupa untuk memotong bagian bawah pada botol yang telah dilobangi untuk memasukkan es batu ke dalamnya. Setelah itu, pasang botol-botol tersebut di kipas angin bagian belakang. Gunakan kable tie atau alat pengikat dari material plastik untuk memasang botol ke kipas.

bikin kipas sedingin ac © TikTok

foto: TikTok/@zona.check.out

Jika botol sudah terpasang, kamu bisa menuangkan es batu ke dalam botol tersebut sesuai kebutuhan. Kemudian kamu bisa menghidupkan kipas angin. Udara yang dihasilkan auto dingin dan sejuk seperti memakai AC atau blower.

Tetesan air dari es batu akan jatuh ke botol di bawahnya, sehingga nggak perlu khawatir jika tetesan tersebut mengenai kipas atau lantai.

bikin kipas sedingin ac © TikTok

foto: TikTok/@zona.check.out

Video yang diunggah tersebut ramai komentar dari warganet. Mereka tertarik untuk mencoba cara praktis mendinginkan ruangan tanpa menggunakan AC tersebut.

"@felicia nst buat gni biar GK kepns kau ," ujar Melda Laura.

"Terima kasih tutorialnya kakak," kata coklatsusu.

"Jadi pengin coba di rumah deh," komentar arief051296.

@zona.check.out Cocok banget buat anak kos . Tag teman kamu yang anak kostan #kipasangin #kipas #lifehack #hometips #kost #tipsrumahtangga #lifehacks #tipsandtricks #home #tutorial #bottle #tips #satisfying #tool #tutor What It Is - Solo Version - Doechii