Brilio.net - Munafik adalah salah satu sifat nifak. Nifak artinya menampakkan yang baik dan menyembunyikan yang buruk. Secara terminologi, munafik dalam Islam yaitu merujuk pada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tetapi sebenarnya hati mereka memungkirinya.

Dalam peribahasa Indonesia, ada istilah "ular berkepala dua" atau "lain di mulut lain di hati", hal itu yang menggambarkan dari sifat munafik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), munafik merupakan upaya atau cara untuk berpura-pura percaya atau setiap dan sebagainya kepada agama dan lainnya. Namun, sebenarnya dalam hatinya tidak.

Seseorang yang memiliki sifat munafik atau nifak sangat dibenci oleh Allah, bahkan munafik diancam Allah dengan siksaan yang amat pedih di neraka yang paling dasar. Orang munafik sangat berbahaya karena ia dapat menyembunyikan kebenaran, sangat pandai bermain dan bermuka dua.

Untuk memahami lebih lanjut terkait dengan ciri-ciri munafik dan cara menghindarinya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (28/4).