Begitulah momen dua pawai keagamaan yang digelar bersamaan di Bali. Di sisi kiri jalan, tampak pawai umat muslim di mana kebanyakan dari mereka tampak mengenakan hijab besar berwarna hijau.

Sementara di sisi kanan jalan, tampak rombongan masyarakat Hindu yang juga sedang melaksanakan pawai. Diketahui, di tahun 2023 ini antara umat Muslim dan Hindu masing punya momen besar keagamaan dalam waktu yang berdekatan.

Momen Muslim & Hindu pawai bareng Berbagai sumber

foto: TikTok/@eptbls

Umat Hindu merayakan hari raya Nyepi pada tanggal 22 Maret, sementara umat Muslim sedang menyambut bulan suci Ramadhan keesokan harinya. Dengan begitu, tak heran jika kedua umat beragama ini sama-sama punya perayaan pawai dalam waktu yang bersamaan.

Namun, pemandangannya justru membuat adem. Meski lewat di waktu yang bersamaan dan berpapasan satu sama lain, mereka pun saling melambaikan tangan dan tersenyum satu sama lain. Mereka tampak saling menyapa dan tidak masalah sama sekali dengan perbedaan yang mereka miliki.

Momen Muslim & Hindu pawai bareng Berbagai sumber

foto: TikTok/@eptbls

Kerukunan dua kelompok umat beragama ini pun menunjukkan indahnya toleransi antar masyarakat. Toleransi antar umat beragama yang sangat indah ini pun menuai respon positif dari warganet. Mereka pun turut meninggalkan banyak komentar di bahwa video yang sudah ditonton 4,5 juta ini.

"Indahnya toleransi," tulis akun @ayu.aryy.

"Duh, adem banget lihatnya," timpal pemilik akun @dikaasycht4.

"Keren banget Bali, toleransi disini memang sangat tinggi ya. Saya sebagai anak rantau nyaman banget tinggal di bali," ujar pemilik akun @rian.feb97.

"Sama-sama jalan di jalan yang berbeda," kata akun @mickeymousee_00.

"Merinding dan terharu," imbuh akun @eka.fayn.

 

@eptbls

Infinity - Jaymes Young