Brilio.net - Kesehatan mental merupakan kondisi seseorang yang terlihat mampu mengatasi tekanan hidup, sadar akan kemampuannya, belajar dengan baik, serta mampu melakukan banyak hal produktif. Namun, ada beberapa orang yang ternyata tidak bisa menikmati hal-hal demikian. Dalam keadaan ini orang tersebut bisa dibilang sedang mengalami gangguan mental.

Tentu tidak sesimpel itu, Menurut World Health Organization, penyakit gangguan mental tergolong kompleks. Di mana seseorang yang mengalaminya merasakan hal berbeda setiap orangnya. Salah satu faktor orang bisa terkena gangguan mental adalah karena tekanan hidup.

Ketika seseorang tak mampu mengatasi gangguan mentalnya dan ia belum mendapatkan penanganan, kondisinya akan semakin buruk dan beralih ke gangguan jiwa.

Menurut The Royal Australian & New Zealand College of Psychiatrists pun, seseorang perlu dirawat di rumah sakit ketika ia tidak dapat mengatasi gejala penyakit mentalnya. Sehingga di rumah sakit akan mendapatkan bantuan yang lebih intensif. Karena di tempat itu juga, pasien bisa dapat perawatan dan pengobatan yang tepat.

Pasien dengan gangguan mental akan mendapatkan terapi medis dari dokter psikiater. Hal tersebut mencakup pemberian obat-obatan, terapi perilaku kognitif, dan terapi elektrokonvulsif (ECT). Selain itu, pasien juga akan menjalani terapi okupasi yang bertujuan membantu pasien dalam meningkatkan keterampilan hidup sehari-hari seperti makan, mandi, serta berpakaian. Selain itu masih banyak terapi-terapi lain yang tujuannya berkaitan dengan pemulihan.

Nah, pasien tersebut juga akan dilibatkan menjalani aktivitas kreatif seperti menggambar. Salah satunya diterapkan oleh rumah sakit jiwa ini.

Seorang tenaga medis membagikan salah satu kegiatan terapi di salah satu rumah sakit jiwa, lewat sebuah postingan TikTok. Namun alangkah menakjubkannya, karya hasil aktivitas para pasien di rumah sakit jiwa ini justru bagus-bagus.

Melihat unggahan tenaga medis tersebut banyak warganet yang turut berkomentar. Alih-alih biasa saja, banyak warganet yang justru terkagum-kagum melihatnya. Bahkan saking kerennya, sederet karya lukisan ini layak untuk dibuatkan pameran sendiri, nih.

Hasil gambarnya bak karya seniman profesional. Penasaran seperti apa? Simak kumpulan hasil karya pasien RSJ, dihimpun oleh brilio.net dari TikTok @al-baghdadi123 Selasa (13/2).