Brilio.net - Setelah satu bulan berpuasa, Lebaran jadi salah satu hari yang ditunggu oleh banyak umat Islam. Pada momen ini, umat Islam akan menjalankan sholat Idul Fitri yang biasanya dilaksanakan di tanah lapang. Kemudian, dilanjutkan dengan silaturahmi dengan keluarga dan saling bermaaf-maafan.

Namun, pemandangan tak biasa terlihat di kota Padang, Sumatra Barat. Lewat unggahan TikTok @RudySyah07, hujan deras tampak menerjang di tengah jamaah yang akan melaksanakan sholat Idul Fitri. Sejumlah warga pun tampak berlarian untuk berteduh di halaman kantor Gubernur Ranah Minang Kota Padang.

momen haru anak gendong ibu saat hujan deras © TikTok

foto: TikTok/@RudySyah07

Momen mengharukan muncul ketika melihat aksi seorang pemuda yang menggendong ibunya saat hendak berlari di tengah hujan deras. Pemuda yang memakai sarung tersebut menggendong ibunya yang masih kenakan mukena, sembari membawa sajadah sang ibu yang sudah basah kuyup.

momen haru anak gendong ibu saat hujan deras © TikTok

foto: TikTok/@RudySyah07

"Ceritanya kami salat ied kehujanan, but...seketika teringat kisah uwais," tulis akun @RudySyah07 yang dikutip brilio.net pada Rabu (4/5).

Melihat momen tersebut, banyak yang kemudian teringat dengan kisah Uwais. Dalam kisahnya, Uwais Al Qarni merupakan seorang pemuda Yaman yang hidup ditengah kemiskinan, namun ia tak kehilangan semangat untuk berbakti kepada sang ibunda yang mengidap penyakit kulit.

Video tersebut telah ditonton lebih dari 4,8 juta kali dengan 876 ribu like dan 7 ribu komentar. Banyak yang turut terharu dengan momen tersebut. Tak sedikit pula yang memuji pemuda itu karena tetap berbakti meski ditengah guyuran hujan deras.

"Namanya tidak dikenal dibumi, tapi terkenal di langit~ UWAIS AL-QARNI", komen @joarskincare yang menyetujui caption yang dituliskan oleh pemilik akun.

"MasyaAllah anak yg sholeh semoga panjang umur," tutur @sulisayumarlina.

"Pasti menjadi momen terindah di Lebaran tahun ini bagi sang anak, apalagi kalau anaknya baru pulang mudik," ucap @Fitra2407.

"Respect setinggi tingginya gue ama lo bang!," tambah @perantaumusimhujan.

"Ya Allah terharunya, semoga panjang umur buat ibunya," ungkap @mellyfawzyah.