Brilio.net - Seorang nelayan Maharashtra, India dibuat bingung atas keberuntungan yang dia dapatkan. Chandrakant Tare, seorang nelayan dari Palghar memancing bersama rekannya pada 28 Agustus 2021. Hari itu bisa dikatakan hari keberuntungannya, bagaimana tidak dia bersama rekannya berhasil menangkap 157 ekor ikan ghol yang disebut-sebut sebagai 'emas laut'.

Dilansir brilio.net dari indiatimes.com, Kamis (21/10) hasil tangkap Chandrakant Tare, telah terjual di pelelangan seharga Rs 1,33 crores atau sekitar Rp 2,5 miliar. Ikan tersebut dibeli oleh pedagang yang berbasis di Uttar Pradesh dan Bihar.

nelayan tangkap 157 ikan mahal seharga Rp 2,5 miliar Berbagai sumber

foto: indiatimes.com

Ikan ghol merupakan salah satu jenis ikan yang sangat terkenal dan langka. Ikan dengan nama ilmiah Protonibea Diacanthus ini merupakan jenis ikan croaker. Menurut informasi dari sumber yang sama, akibat pencemaran, ikan seperti ini sangat langka di daerah tersebut. Nelayan di daerah itu harus mengarungi jauh ke laut untuk mendapatkan hasil tangkapan yang baik.

nelayan tangkap 157 ikan mahal seharga Rp 2,5 miliar Berbagai sumber

foto: indiatimes.com

Ikan ini juga dikenal sebagai 'ikan dengan hati emas' karena memiliki khasiat tinggi sebagai obat, dan sangat diminati di negara-negara seperti Hong Kong, Malaysia, Thailand, Indonesia, Singapura, dan Jepang. Ikan ghol juga memiliki sumber kolagen berkualitas tinggi, yang digunakan dalam pembuatan makanan serta produk kosmetik. Ini dianggap sebagai pengganti gelatin babi dan sapi.

nelayan tangkap 157 ikan mahal seharga Rp 2,5 miliar Berbagai sumber

foto: indiatimes.com

Ghol disebut-sebut sebagai ikan termahal di India saat ini. Berasal dari Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, ikan ini telah memecahkan rekor harga di pelelangan ikan di sekitar pantai Gujarat dan Maharashtra.

Sebuah laporan yang diterbitkan di CNN Traveler menyatakan bahwa kantung renang yang dimiliki ikan ini adalah salah satu yang sangat berharga. Ketika dikeringkan, maka akan akan digunakan untuk pemurnian dalam industri anggur dan bir. Semakin besar ikannya, semakin besar pula kantung renangnya, yang harganya bisa mencapai Rs 50.000 per kg atau sekitar Rp 9,4 juta.

Tak heran tangkapan Chandrakant Tare langsung diborong dengan harga yang sangat tinggi. Kalau sudah begini tentu saja banyak nelayan berharap bisa mendapatkan hasil tangkapan yang sama dengan jumlah berlimpah pula.