Brilio.net - Penambang emas di wilayah Yukon, Kanada tidak sengaja menemukan seekor mumi bayi mammoth yang membeku. Diperkirakan mumi bayi mammoth itu berusia lebih dari 30.000 tahun. Mumi bayi mammoth tersebut diberi nama dalam bahasa Han yaitu Nun Cho Ga yang memiliki arti "bayi hewan berukuran besar".

Penemuan ini berawal dari seorang penambang emas yang sedang menjalankan aktivitasnya. Kala itu dia bersama beberapa rekannya sedang menggali lapisan es. Para penggali emas ini pun terkejut ketika melihat mumi bayi mammoth berbulu tersebut pada Selasa (21/6) di sebuah ladang emas, tepatnya di Klondike di area Wilayah Tradisional Trondëk Hwëchin.

Penemuan yang penting

 Mumi bayi mammoth berusia 30.000 tahun ditemukan utuh Twitter foto:Twitter/@WaterSHEDLab

Penemuan ini dianggap sangat penting bagi Trondëk Hwëchin dan Pemerintahan Yukon. Pemerintahan Yukon menjelaskan, pihak pemerintahan memiliki sebuah catatan mengenai hewan yang hidup pada zaman es. Namun, selama ini mereka belum pernah menemukan mumi dalam keadaan utuh dengan kulit seperti ini. Mumi bayi mammoth Nun Cho Ga menjadi satu-satunya mumi mammoth dengan kondisi lengkap saat ditemukan.

(brl/ola)