Brilio.net - Kosakata adalah salah satu unsur kebahasaan yang penting bagi pemelajar untuk dapat berkomunikasi dengan santun dan benar. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, maka semakin kaya perbendaharaan kata yang dimiliki.

Kosakata dapat berguna untuk membantu seseorang agar dapat menyampaikan ide yang dimiliki dengan baik dan mudah, sehingga orang lain dapat memahami isi ide atau pesan yang disampaikan. Dengan kata lain, kosakata sangat penting untuk menunjang komunikasi dengan orang lain dan dapat meminimalisir kesalahpahaman.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai kosakata, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (21/6).

Pengertian kosakata.

pengertian kosakata dan penjabarannya  berbagai sumber

foto: Unsplash/Edho Pratama

Kosakata adalah himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain dan merupakan bagian dari suatu bahasa. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau kumpulan kata-kata yang digunakan oleh seseorang untuk menyusun kalimat. Menurut KBBI, kosakata dapat diartikan sebagai perbendaharaan kata.

Penguasaan kosakata akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Semakin dewasa, maka perbendaharaan kata seseorang akan semakin meningkat. Hal tersebut dipengaruhi oleh berkembangnya tingkat pemahaman seseorang terhadap suatu bacaan. Menurut penelitian yang dilakukan Leslie & Calfeet dalam Jurnal Education and Development, menunjukkan bahwa tingkat pemahaman bacaan anak hingga dewasa berbeda.

Penelitian tersebut melibatkan anak-anak, remaja, dan orang dewasa sebagai subjek penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa semakin dewasa seseorang maka semakin kaya dengan kosakata.

Secara umum, penguasaan kosakata seseorang dianggap sebagai gambaran dari tingkat pendidikannya. Terdapat sebuah uji standar bahasa bernama SAT untuk menguji kosakata sehingga penambahan kosakata seseorang merupakan proses penting yang baik untuk pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu bahasa yang sudah dikuasai.

Beberapa ahli dalam bidang bahasa juga mengemukakan definisi dan pengertian mengenai kosakata. Definisi kosakata menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Richard, kosakata merupakan seperangkat leksem yang meliputi kata tunggal, majemuk, dan idiom.

2. Menurut Vallente, kosakata adalah kata atau kelompok kata yang memiliki makna tertentu.

3. Sedangkan menurut Keraf, kosakata merupakan keseluruhan kata yang dimiliki oleh bahasa dan kosakata seseorang. Hal ini meliputi keseluruhan kata yang berada di dalam ingatan seseorang yang dapat menimbulkan reaksi bila didengar atau dibaca.