Brilio.net - Pada masa pandemi seperti saat ini, banyak sekali masyarakat yang mengalami kesulitan bertahan hidup. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti kehilangan pekerjaan karena menjadi korban putusnya hubungan kerja (PHK).

Oleh sebab itu, pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang kurang mampu. Penyaluran bansos ini pun beragam caranya, mulai dari melalui petugas-petugas masyarakat setempat seperti ketua rumah tangga (RT) dan lembaga-lembaga lain.

Para petugas yang diberi amanah untuk mengurus penyaluran bansos ini pun harus bekerja lebih ekstra agar masyarakatnya dapat menerima bantuan tersebut. Seperti baru-baru ini terjadi, salah satu aksi ketua RT yang viral di media sosial, karena menjadi perbincangan warganet.

Dilansir brilio.net dari akun Twitter @seputartetangga, Selasa (24/8), seorang warganet yang tidak diketahui identitasnya tersebut membagikan cerita kebaikan ketua RT di lingkungannya. Ketua RT ini viral karena kisahnya yang mengayomi warganya untuk mendapatkan bansos.

Kisah viral ketua RT urus bansos © Twitter/@seputartetangga

foto: Twitter/@seputartetangga

Dalam unggahan tersebut, diceritakan warga di lingkungan RT tersebut selalu aktif tolong menolong. Ia menceritakan perlakuan ketua RT terhadap warganya dalam mengurus berbagai hal seperti bantuan sosial dan vaksin. Ketua RT sering mengingatkan warganya untuk mencairkan bansos yang diberikan per Kartu Keluarga.

Si pengunggah cerita ini mengaku selalu mendapatkan jatah bansos meskipun jarang berada di rumah.

"Selama aku pulkam pun, aku masih rutin dapat bansos krn masih kehitung warga sana. tp bansos jatahku, ku kasih ke tetangga yg kurang mampu," cerita warganet tersebut.

Ketua RT dalam lingkungan tersebut juga diketahui selalu cepat tanggap melapor ke Puskesmas apabila ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tak hanya itu, ketua RT tersebut juga selalu mendata warganya yang ingin vaksin. Warga diminta mengumpulkan fotocopy KK dan KTP sehingga warga hanya membawa diri saat datang ke Puskesmas.

Kisah viral ketua RT urus bansos © Twitter/@seputartetangga

foto: Twitter/@seputartetangga

Ketua RT tersebut juga sering begadang sampai rela tidur di luar rumah hanya untuk menunggu bansos datang. Berdasarkan cerita tersebut, sosok ketua RT tersebut berada di area Jakarta.

"mana skrg lg begadang nunggu bansos yg dtg utk warganya," keterangan pada unggahan akun Twitter @seputartetangga.

Kisah viral ketua RT urus bansos © Twitter/@seputartetangga

foto: Twitter/@seputartetangga

Dalam unggahan tersebut juga memperlihatkan sosok pak RT yang rela tidur di luar rumah hanya beralaskan tikar. Dia tidur di luar rumahnya menunggu beras yang akan dibagikan untuk warganya. Kebaikan sosok ketua RT tersebut langsung mencuri perhatian warganet. Mereka ikut memberikan komentarnya.

"dunia ini masih ada orang baik kok, cuma ketutupan sm orang" b*ngs*t aja," balas @igor_chaska.

"semoga ketua RTnya sehat selalu T___T btw di tempatku juga begini, beliau baik banget. aku covid diurusin urusannya, aku mau bikin ktp juga diurusin dari awal lagi. pas ada warga yang meninggal, beliau baik.. dari bantu pasang bendera sampe nyediain makanan buat keluarga duka," cuit @goostastu.

"RTnya baik banget! aku selalu suka modelan pemimpin kaya gini. bener2 gerak buat masyarakat. can relate, ayahku ketua RT juga dan aku selalu ikut gembor2 & kecimpung buat bantu ayah/mama sana-sini, karena kalo mereka gak kerja, maka gak ada yg bakal ngurus warga setempat disini. untuk siapapun yang mengemban tugas sebagai RT dan ikhlas handle semua bansos selama pandemi yg makin rumit ini, semoga lelah kalian diganti pahala jariyah," balas akun @zenva.

(brl/tin)

(brl/tin)