Brilio.net - Kelebihan berat badan bukan hal yang menyenangkan bagi semua orang. Badan sering letih, sakit, dan bahkan sering pegal-pegal. Jompo sebelum waktunya, mungkin begitulah celotehan anak-anak muda yang sering pegal saat usianya masih muda.

Namun, hal itu bukan halangan bagi Terence Koh, seorang pria di Singapura saat berusaha untuk menurunkan berat badannya. Ia berhasil menurunkan sepertiga berat badannya selama delapan bulan, dari yang awalnya berat badan 105 kg menjadi 70 kg. Sampai saat ini, video di akun TikTok pribadinya tersebut sudah ditonton sebanyak 274 penayangan.

ayah turunkan berat badan berbagai sumber

foto: TikTok/@terencekyw

Koh berusaha sekuat mungkin untuk bisa terlihat lebih bugar dan sehat untuk anaknya yang masih kecil. Ia ingin menjadi ayah dan panutan yang sehat bagi keluarganya.

Selama menjalankan program menurunan badan ini, Koh mengalami berbagai hal yang baginya tidak mudah. Mulai malam yang lapar dan tidak bisa tidur hingga mengalami nyeri otot setiap hari selama berbulan-bulan karena berolahraga enam hari setiap minggu.

ayah turunkan berat badan berbagai sumber

foto: TikTok/@terencekyw

Selain itu, Koh juga bercerita bahwa dirinya bisa lulus Tes Kecakapan Fisik Individu (IPPT), menyelesaikan lari 2,4 km dalam 11 menit dan 52 detik. Hal ini merupakan kali pertama ia lulus IPPT setelah 10 tahun.

Tidak hanya itu, Koh juga sering menghadapi komentar negatif dari beberapa orang di lingkungannya. Banyak orang bilan "Kamu akan segera menjadi gemuk lagi," kenangnya.

ayah turunkan berat badan berbagai sumber

foto: TikTok/@terencekyw

Namun, Koh akan mengatakan bahwa kebiasaan barunya tersebut menjadi gaya hidupnya dan ia merasa sehat.

"Saya tidak pernah merasa begitu diremajakan sebelumnya. Saya lebih sehat, lebih bahagia, dan saya memiliki lebih banyak energi," katanya.

ayah turunkan berat badan berbagai sumber

foto: TikTok/@terencekyw

Selain membagikan video perubahan tubuhnya dari bulan ke bulan, Koh juga sering membalas setiap orang yang bertanya bagaimana ia melakukannya.

"Ambil langkah kecil, ciptakan kebiasaan & rutinitas positif, ikuti dan pastikan Anda konsisten dengannya!" Koh berkata.

ayah turunkan berat badan berbagai sumber

foto: TikTok/@terencekyw

Koh berolahraga tiga kali setiap minggu. Ia memulainya dengan berjalan, serta "latihan fungsional seperti push-up, squat, dll.", sebelum melanjutkan ke jogging dan latihan dengan beban. Latihan kardio tersebut membuatnya kehilangan massa otot dan perlu ditambah dengan latihan angkat beban.

@terencekyw Began my fat loss journey at 105kg, it’s been 17months since! As long as you keep going, you would be better than yesterday. #transformation #motivation #fatloss #fattofit #dadbod #gym Believer - Imagine Dragons

(brl/pep)

(brl/pep)