Brilio.net - Bicara mengenai konsep ramah lingkungan, sepertinya masyarakat sudah mulai peduli. Terlebih lagi di bidang teknologi. Baru-baru ini, Victoria Arduino meluncurkan mesin kopi canggih untuk kebutuhan masa kini dengan mengusung konsep ramah lingkungan.

Mesin kopi bernama Eagle One itu didesain oleh The International Ambassador of Exellence and Italian Design Giulio Cappellini, yang menjual desain, performa, dan fitur ramah lingkungan. Arsitek Carlo Viglino juga terlibat dalam menciptakan model Eagle One serta influencer kopi dan penulis buku James Hoffmann ikut turun tangan memberi masukan tentang kebutuhan kedai kopi masa kini.

"Barista membutuhkan mesin yang compact dengan desain ergodinamis, sehingga mudah digunakan sekaligus mampu menyajikan kopi dalam jumlah banyak dengan rasa konsisten," ujar influencer kopi dan penulis buku James Hoffmann, saat ditemui media di Art Gallery, Mall Ciputra Artpreneur, Ciputra World baru-baru ini.

Eagle One mengurangi 23% pengaruh terhadap lingkungan dibandingkan dengan mesin lain di kategori sama. Teknologi baru yang sudah dipatenkan T.E.R.S. (The Temperature Energy Recovery System) juga berkontribusi dalam pengurangan tersebut.

Sistemnya menggunakan air yang dibuang untuk menghangatkan air yang akan masuk. Hasilnya adalah menghemat 8% dari total konsumsi mesin.

Loading...

Sementara itu, CEO of Simonelli Group, pemegang merk Victoria Arduino, Fabio Ceccarani, mengatakan mesin kopi ini mewakili gelombang terbaru industri kopi dan pergerakan bisnis kedai kopi terkini, dengan konsep desain yang lebih luas.

"Untuk mewujudkan Eagle One, penelitian dan inovasi teknologi tidak menjadi satu-satunya dasar, tetapi juga menyeimbangkan antara estetika kualitas dan fungsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan user dan konsumen," kata Fabio.

Selain ramah lingkungan, Fabio mengklaim, mesin kopi yang ditawarkannya bisa menghemat listrik dan biaya tagihan sebesar 8 persen.

Hal ini dimungkinkan karena teknologi yang digunakan adalah Neo Engine Optimization, yang dijadikan komponen utama agar mesin kopi ini dapat mengurangi konsumsi energi meskipun ukurannya lebih compact.

Teknologi NEO sekaligus menjawab permasalahan dan menjadi solusi menghasilkan performa tinggi yang sama dengan mesin sejenis namun bisa mengurangi biaya. Mesin ini menggunakan sistem penghangat instan yang menggunakan air secukupnya untuk melakukan ekstraksi untuk dipanaskan, sehingga mengurangi biaya yang didapatkan dari penggunaan energi.

Eagle One juga diciptakan untuk berkontribusi dalam mengurangi polusi dunia. Dengan menggunakan materi baru dan desain yang unik, mesin ini bisa mengurangi emisi CO2 dibandingkan dengan mesin sejenis.