Brilio.net - Sebagai salah satu media sosial yang merajai dunia maya, Facebook selalu memberikan kejutan bagi para penggunanya. Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini sejak awal kemunculannya memang terus memberikan fitur-fitur baru. Dimulai dari kemudahan untuk mendapatkan informasi, layanan keamanan, emoji-emoji terbaru, hingga perubahan pada tampilan.

Pada tahun 2020, Facebook atau yang bisa dikenal dengan sebutan FB, kembali menyuguhkan tampilan barunya. Selama 16 tahun berdiri, sudah terjadi 4 kali perubahan pada desainnya. Untuk desain yang terbaru dikenal sebagai The New Facebook atau FB5. Desain FB5 mungkin jadi perubahan yang paling drastis pada Facebook baik di desktop maupun tampilan selulermu.

Hadirnya perubahan ini menjadi kabar baik untuk para pengguna FB. Bahkan dilansir dari pocket-lint.com, Facebook mengumumkan rencananya untuk mendesain ulang besar-besaran tampilannya yang disebut The New Facebook. Selain itu disebutkan juga, desain baru FB secara otomatis akan memperbarui tampilan web desktop dan seluler.

Nah, kamu sudah tahu belum apa saja fitur terbaru untuk tampilan Facebook? Berikut ulasannya, seperti dilansir brilio.net dari pocket-lint.com pada Sabtu (18/1).


1. Desain putih.

foto: pocket-lint.com



Facebook sudah mengonfirmasi rencananya untuk menawarkan pembaruan yang lebih luas pada musim semi 2020. Dan salah satu bukti pembaruannya terlihat pada munculnya desain putih.

Ya, kalau dulu warna biru terasa mendominasi tampilan FB mu, namun untuk ke depannya kamu bakal dimanjakan dengan warna putih. Desain ulang pada Facebook ini dilakukan secara rata, baik untuk pengguna desktop maupun PC. Desain putih yang ada pada Facebook membuat tampilannya menjadi lebih bersih, cerah dan juga lebih kontemporer.

Tampilan baru Facebook ini juga dipamerkan CEO Mark Zuckerberg sebagian besar desain putih di Konferensi F8 2019.


2. Dark mode.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI


Kabar baik untuk kamu yang kurang suka dengan tampilan cerah. Apalagi kalau kamu terlalu sering menatap layar, pasti akan lebih nyaman saat menatap layar berwarna gelap.

Facebook rupanya benar-benar memanjakan penggunanya dengan memberikan pilihan untuk berbagai selera para pemakainya. Sadar tidak semua orang menyukai tampilan terang, Facebook mengimbanginya dengan menghadirkan tampilan gelap atau dark mode.

Ya, seperti yang kita tahu, dark mode sangat populer satu tahun ini. Tak mau kalah dari sistem operasi, media sosial ini pun juga memberikan layanan mode gelap kepada penggunanya. Melalui akun Twitternya, Facebook menunjukkan bocoran tampilan dark mode untuk para penggunanya.


3. News Feed dan Grup.

foto: pocket-lint.com



News Feed menjadi salah satu fitur senior yang dihadirkan Facebook. Pada tahun 2020 ini news feed mendapatkan pembaruan yang bisa dibilang cukup menarik.

Dikatakan, grup Facebook saat ini akan diprioritaskan. Sehingga hal ini akan muncul lebih banyak untuk para pengguna. Meski begitu, bukan berarti news feed menjadi mati.

Facebook juga menambahkan tab group yang sudah dirombak untuk membuat grup baru secara lebih mudah. Di sisi lain kamu akan lebih sering melihat koneksi di antara grup dan fitur yang sering kamu gunakan seperti marketplace dan Facebook watch.


4. Fitur untuk komunitas.

foto: pocket-lint.com



Selain menyuguhkan tampilan baru, Facebook juga memberikan kemudahan untuk beberapa komunitas. Seperti diketahui, Facebook tidak hanya digunakan untuk jejaring pertemanan pribadi. FB sudah dimanfaatkan sebagai media bertemunya para komunitas dan juga media berbisnis.

Untuk mendukung hal tersebut, Facebook meluncurkan fitur baru untuk komunitas tertentu seperti chat untuk grup gaming dan komunitas lain. Nah, untuk kamu yang aktif menggunakan Facebook untuk berbisnis, jangan khawatir. Media sosial ini juga memberikan penawaran baru untuk dalam mengembangkan usaha.

Ada juga peningkatan interaksi untuk Facebook Live yang ditujukan untuk kegiatan jual beli. Jadi kamu akan lebih mudah dalam berinteraksi dengan pembeli. Keren, kan?

2 dari 2 halaman



Cara mendapatkan tampilan baru Facebook.

foto: pocket-lint.com



Dari berbagai pembaruan yang diberikan Facebook tentu akan semakin menarik jika kamu mencobanya langsung. Tapi tidak ada paksaan dari Facebook yang mengharuskan penggunanya beralih ke tampilan baru. Jadi pengguna bisa memutuskan sendiri apakah akan bertahan pada tampilan lawas atau beralih ke yang baru.

Namun disebutkan para penggunanya saat ini sudah ada yang mendapat notifikasi kecil sebagai ajakan untuk mengganti ke tampilan baru. Kalau kamu membuka Facebook web dari browser maka kamu akan mendapatkan notifikasi ini. itu tandanya kamu harus mencobanya.

Selanjutnya, Facebook akan mengaktifkan pembaruan pada tampilanmu. FB juga akan memberikanmu akses untuk memilih, apakah akan menggunakan tampilan cerah atau dark mode.

Menariknya, setelah kamu mencoba tampilan baru Facebook dan akhirnya merasa tidak nyaman, FB akan mengizinkanmu untuk kembali ke desain lama kok. Tentu saja tidak ada masa berlaku yang ditentukan untuk pilihan ini. Dan kalau kamu ternyata menyukai tampilan itu, kamu bisa memberikan tanggapan setelah mencobanya.

Jadi gimana, kamu tertarik mencoba fitur keren ini?
 




(brl/gib)