Brilio.net - Media sosial kini menjadi bagian terpenting bagi masyarakat luas, terlebih generasi muda, mereka dikenal sangat dekat dengan penggunaan media sosial. Secara spesifik, Gen Z, atau mereka yang lahir di pertengahan 90an hingga pertengahan 2000an, adalah yang sejak awal kenal media sosial. Tak heran memang, generasi Z merupakan generasi digital pertama yang tubuh bersama media sosial, teknologi, serta iPhone dan Android.

Salah satu media sosial yang cukup populer adalah Instagram, termasuk di Indonesia. Walaupun media ini tergolong baru, yaitu didirikan pada tahun 2010 oleh Amerika Serikat, namun penggunanya sendiri mencapai 300 juta akun. Jejaring ini sebenarnya sangat dikhususkan untuk pecinta fotografi. Karena memiliki fitur foto yang sangat mengagumkan. Namun kini Instagram tak hanya dijadikan sebagai tempat untuk memerkan potret terbaik mereka, namun juga untuk melancarkan bisnisnya.

Instagram bahkan melahirkan beberapa seleb baru, yang dikenal dengan selebgram. Mereka adalah orang yang memiliki banyak pengikut padahal bukan artis atau tokoh terkenal lainnya. Keuntungan bagi mereka yang memiliki banyak pengikut adalah menerima banyak tawaran promosi suatu produk, dengan begitu mereka menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Instagram menawarkan banyak fitur menarik, salah satunya Instagram Story dan IGTV. Fitur ini berfungsi untuk membagikan status, foto dan video selama 24 jam. Kita bisa menyaksikan berbagai kegiatan orang lain melalui unggahannya di Instagram.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ada banyak hal yang membuat seseorang penasaran tentang Instagram. Salah satunya adalah bagaimana cara mengetahui bahwa dirinya di-hide. Pasalnya Instagram tidak memberitahu secara langsung apakah kamu di-hide dari Instagram Stories seseorang atau tidak. Namun kamu bisa mengetahui apakah orang tersebut merahasiakan Stories-nya dari kamu.

Penasaran bagaimana cara mengetahuinya? Berikut lansiran brilio.net dari berbagi sumber, Rabu (15/1).

1. Postingannya tak muncul lagi di barisan Stories.

Instagram di-hide seseorang Istimewa

foto: fonepaw.com

Biasanya, kamu sering melihat orang tersebut muncul di barisan Stories. Namun setelah beberapa waktu kamu tidak melihatnya lagi, belum tentu orang itu mengurangi intensitasnya mengunggah kegiatannya di Stories. Bisa jadi ia tak ingin kemu melihat aktivitas dan gerak-geriknya di media sosial. Kemungkinan kamu sudah di-hide oleh orang tersebut.

2. Cek melalui Instagram lain.

Instagram di-hide seseorang Istimewa

foto: pixabay.com

Salah satu untuk mengetahui apakah kamu di-hide atau tidak adalah dengan meminta bantuan temanmu. Coba search namanya di Instagram lain dan lihat apakah ia memposting Stories atau tidak, jika kamu bisa melihatnya di Instagram temanmu, maka sudah dipastikan kamu di-hide oleh orang tersebut.

3. Lihat highlight-nya.

Instagram di-hide seseorang Istimewa

foto: blogs.systweak.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa highlight-nya. Jika kamu tidak bisa melihat highlight-nya, dan Instagram temanmu bisa melihatnya maka sudah dipastikan kamu di-hide oleh orang tersebut.

Itu lah beberapa cara untuk mengetahui kamu di-hide oleh seseorang atau tidak. Ada hal unik lain laginya yang bisa kamu nikmati dari Instagram, yakni kamu bisa melihat Stories seseorang tanpa harus ketahuan. Jadi bagi kamu yang ingin kepo lebih mudah. Berikut 5 cara melihat Stories seseorang tanpa ketahuan, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/1).

1. Menggeser setengah tampilan Instagram Story.

Secara umum kamu dapat melihat Instagram Story ini dengan tap, lalu konten tersebut dapat muncul dan terlihat. Nah cara pertama melihat Instagram Story tanpa diketahui pemiliknya adalah dengan melihat dari Instagram story sebelumnya.

Misalnya saja jika urutan tampilan Instagram Story milik temanmu X di urutan pertama, kamu hanya perlu membuka Instagram Story Y yang bersebelahan dengan akun tersebut. Nah ketika kamu membuka akun Y tahan dan sedikit geser untuk mengintip story X. Jangan sampai kamu melihat dalam layar utuh atau terlalu lama. Sebab dengan cara itu dapat terdeteksi oleh si pemilik akun.

2. Tambah extension di Google Chrome.

Cara kedua yang bisa kamu terapkan yaitu dengan memanfaatkan Google Chrome. Di Google Chrome ini kamu bisa menambahkan extension "Chrome IG Story" yang ada di Web Store Chrome. Setelah itu kamu akan melihat tampilan menu Chrome IG Story di ujung kanan atas.

Dengan memilih menu tersebut kamu dapat melihat Story teman ataupun orang lain tanpa diketahui oleh pemiliknya. Tenang, dengan extension ini kamu nggak akan ketahuan kalau lagi kepo, bahkan kamu juga bisa mengunduh ataupun membagikan Story tersebut.

3. Menggunakan InstaStoryViewer.com.

Cara selanjutnya kamu bisa menggunakan situs InstaStoryViewer.com. Situs ini memberikan kamu kemudahan dalam mengintip atau stalking Instagram Story milik orang lain.

Kamu tak perlu khawatir akan terlihat oleh pemiliknya. Nggak perlu repot menambahkan extension, cukup buka link InstaStoryViewer.com kemudian akan muncul tampilan. Isi kolom tersebut dengan username Instagram yang akan kamu lihat Instagram Story-nya. Bahkan kamu juga bisa men-download konten yang ada di Story tersebut.

4. Menggunakan Storiesig.com.

Selain link di atas, kamu juga bisa mengunjungi link Storiesig.com di browser ponsel ataupun laptop untuk membukanya. Kemudian kamu akan disuguhkan dengan tampilan kolom, cukup ketikkan nama Instagram yang ingin kamu lihat. Kamu bisa melihat tampilan Instagram Story terbaru bahkan juga bisa mengunduhnya tanpa takut akan ketahuan. Untuk mendownloadnya kamu bisa klik tulisan download di bawahnya.

5. Menggunakan Aplikasi Story Notifier.

Cara terakhir yang bisa kamu coba dengan menggunakan aplikasi Story Notifier. Kamu bisa menginstalnya dari toko aplikasi atau Google Play. Kemudian setelah terinstal kamu dapat masuk ke aplikasi ini dengan username dan password Instagram yang kamu gunakan. Setelah masuk dalam aplikasi, kemudian akan muncul akun-akun yang mengikuti atau mem-follow kamu. Lalu kamu bisa mengaktifkan notifikasi akun yang kamu inginkan.

Nah keunggulannya ketika akun Instagram yang ingin kamu ketahui membuat Instagram Story maka akan ada pemberitahuan secara otomatis. Meskipun harus log in terlebih dahulu, namun cara ini bisa jadi trik saat stalking. Untuk melihat Story-nya, kamu bisa tekan nama akunnya maka akan muncul Story yang terakhir dia buat. Karena tampilan terlalu kecil kamu bisa memperbesarnya dengan klik story yang kamu inginkan di bagian kanan bawah.

(brl/lin)