Brilio.net - Instagram kembali mengeluarkan inovasi baru di awal tahun 2020. Salah satu fiturnya, Boomerang, disematkan filter baru yang siap memanjakan penggunanya. Boomerang merupakan salah satu fitur unggul yang disajikan Instagram untuk membuat gambar bergerak. Hadir pertama kali di tahun 2015, Boomerang menjadikan serangkaian foto dan merangkainya menjadi video mini, dan bergerak berulang di Instastory.

Inovasi yang diberikan Instagram ini cukup menarik, mengingat saat ini aplikasi TikTok juga semakin ramai digunakan orang. Meski begitu, sebenarnya informasi lahirnya filter baru Boomerang bukanlah datang secara tiba-tiba.

Beberapa bulan lalu, seorang periset aplikasi yang sering membocorkan fitur Instagram, Jane Manchun Wong, sudah mengutarakan hal ini. Lewat akun Twitternya, ia mengunggah video yang menunjukkan contoh gerakan baru pada Boomerang.

Akhirnya, kabar baik ini diumumkan langsung oleh pihak Instagram. Pada 11 Januari lalu, melalui akun resmi Twitter Instagram, @instagram, mengunggah cuitan hadirnya 3 fitur baru yang bakal ada di Boomerang.

"Boomerang memiliki fitur kreatif baru yang akan membuatmu mengatakan,'Yasssss'. Cobalah semuanya hari ini," tulis Instagram melalui akun Twitternya, seperti dikutip brilio.net pada Selasa (14/1).

foto: Twitter/@instagram

Sementara itu, dilansir dari phonearena.com, saat ini pengguna Instagram bisa menikmati 3 filter baru yang tersemat di Boomerang. Filter-filter ini akan membuat pengguna semakin kreatif dalam membuat konten. Bahkan yang sebelumnya kita perlu mendownload aplikasi lain untuk mendapatkan efek ini, sekarang kita bisa menggunakannya langsung melalui fitur Boomerang Instagram.

Nah, penasaran kan apa saja filter baru Boomerang yang dihadirkan Instagram? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/1), berikut 3 filter baru Boomerang IG yang tak kalah keren dari TikTok.


1. SlowMo.

foto: unsplash.com



Ya dari namanya pasti kamu nggak asing lagi deh. Mungkin juga bukan kali pertama kamu menggunakan filter yang satu ini. Hal ini dikarenakan efek SlowMo sudah tersemat di beberapa smarthphone dan juga aplikasi.

SlowMo merupakan singkatan dari slow motion. Sesuai dengan namanya, SlowMo akan membuat videomu jadi bergerak secara lambat. Filter ini akan memotong kecepatan videomu dan bisa menjadikannya diputar selama 2 detik di tiap arah.

Aplikasi SlowMo juga bisa memberikan gambaran lebih jelas dari video yang terlalu cepat. Untuk kamu pengguna HP yang tidak memiliki fitur bawaan SlowMo, tentu hal ini akan sangat menguntungkan.


2. Echo.

Loading...

foto: unsplash.com



Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sebenarnya fungsi dari filter Echo? Pada fitur Boomerang, filter Echo akan memberikan efek blur di video yang bergerak.

Efek echo akan bisa menghadirkan efek bayangan dan buram di gerakan dalam video. Kedatangan efek ini tentu semakin membuat kontenmu menjadi lebih menarik.

Selama ini kita kerap membuat foto menjadi blur. Hal ini bisa dilakukan dengan fitur efek bokeh ataupun proses editing dari beberapa aplikasi. Namun untuk video, kamu kini tidak perlu pusing-pusing bagaimana untuk mengeditnya. Filter Echo akan membantumu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan durasi yang lebih singkat dan juga praktis.


3. Duo.

foto: unsplash.com



Duo adalah salah satu filter terbaru Boomerang yang melengkapi SlowMo dan Echo. Duo memberikan efek 'glitch' pada konten videomu.  Efek glitch adalah efek yang menunjukkan kesan rusak pada foto atau videomu. Hasil dari efek glitch seakan membuat kontenmu bergerak atau goyang.

Dengan hadirnya efek Duo ini akan membantumu membuat konten menjadi lebih menarik, kekinian dan yang pasti mudah digunakan. Sama seperti efek SlowMo, Duo sebelumnya biasa ditemukan pengguna melalui beberapa aplikasi. Ada juga HP yang sudah memberikan fitur glitch untuk mempercantik foto.

2 dari 2 halaman



Cara menggunakan filter baru Boomerang.

foto: unsplash.com



Kejutan baru yang diberikan Instagram ini cukup sukses membuat banyak orang penasaran. Kalau kamu adalah salah satunya, cobain aja filter-filter ini pada konten Instastorymu.

Dilansir dari PCMag.com, kabarnya fitur ini juga sudah didistribusikan secara global baik untuk Android maupun iOS. Dengan kondisi ini, seharusnya pengguna Instagram tidak perlu menunggu lagi untuk menikmati fitur ini.

Namun sayangnya setelah dicoba, masih ada beberapa pihak yang belum berhasil untuk mendapatkannya. Tapi kalau kamu penasaran, coba buka Instagrammu untuk memastikan kehadiran fitur ini.

Tapi kalau tidak berhasil, cobalah untuk meng-upgrade Instagrammu ke versi yang lebih baru. Jika sudah berhasil, kamu bisa langsung menggunakannya dengan cara menekan ikon 'loop' yang berada di sebelah kanan ikon 'stiker' setelah membuat video Boomerang.

Oiya, setelah berhasil mencoba filter-filter baru ini, kamu juga bisa mempercantik lagi videomu. Sudah ada juga fitur 'Trim' untuk memotong video Boomerang.

Seperti diketahui, trim merupakan salah satu fitur yang bisa membuatmu memperpendek video baik di bagian awal, tengah, ataupun akhir video. Sehingga dengan Trim kamu bisa menentukan sendiri bagian mana yang ingin kamu unggah. Selamat mencoba!