Brilio.net - Google menjadi salah satu perusahaan raksasa yang bisa dibilang sudah menguasai dunia. Memberikan jasa dan produk internet, Google memiliki beragam produk yang membantu kehidupan manusia sehari-hari. Hampir semua informasi dapat kita temukan melalui Google, baik berupa info terkini, pencarian alamat, data, hingga literasi.

Google juga semakin memberikan kemudahan dalam melayani penggunanya. Sejak tahun 2016, Google meluncurkan Google Assistant, fitur yang mampu membantu penggunanya dalam menjalankan perintah melalui gadget penggunanya. Berkembang selama 3 tahun, Google Assistant mendapat respons yang cukup baik di tengah masyarakat.

Pergantian tahun 2020, menjadi langkah baru bagi Google untuk memberikan terobosan baru. Pada tahun ini Google Assistant akan memiliki banyak fitur baru yang lebih menarik dan membantu para penggunanya. Tak lagi hanya memberikan informasi cuaca hari ini, namun akan jauh lebih bermanfaat dari itu.

Daripada penasaran, berikut 8 fitur terbaru Google Assistant di tahun 2020 seperti dilansir brilio.net dari Tech Radar pada Jumat (10/1).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Menyiapkan jadwal.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Tahun 2020, akan menjadi tahun yang menyenangkan, karena akan ada semakin banyak kemudahan yang bisa dirasakan. Kamu udah nggak perlu lagi khawatir bakal lupa untuk melakukan sesuatu. Nggak cuma pakai reminder atau alarm, bahkan kamu bisa memanfaatkan Google Assistant untuk menghidupkannya.

"Hai Google, hidupkan kopi jam 6 pagi,", cukup katakan seperti itu pada malam sebelumnya. Dengan tindakan terjadwal ini kamu dapat mengatur waktu lebih mudah.

2. Lebih banyak perangkat rumah pintar.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Kalau kamu berpikir Google Assistant hanya mendukung beberapa perangkat saja, kamu salah. Karena pada tahun 2020 ini akan ada lebih banyak brand yang bergabung untuk mendukung Google Assistant.

Beberapa di antaranya adalah August Smart Locks, Philips Hue, GE dan masih banyak lagi. Bahkan yang lebih menarik adalah, kamu bisa mengontrol 20 perangkat baru melalui aplikasi Google Home. Perangkat-perangkat tersebut di antaranya adalah AC, pembersih udara, pembuat kopi, dan lain sebagainya. Menarik bukan?

3. Catatan.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Tahun 2020 sudah nggak lagi zamannya meninggalkan pesan di rumah. Kamu mungkin akan mengurangi penggunaan notes atau catatan untuk meninggalkan pesan ke orang rumah.

Penyebabnya karena Google Assistant akan mengambil alih peran itu. Fitur Google ini akan membuat catatan tempel di smart display atau 'layar cerdas' yang kompatibel dan akan terlihat oleh siapapun di rumah.

Dan praktisnya lagi, untuk menggunakannya kita tidak perlu masuk ke akun Google, bahkan tanpa perlu akun Google. Wah, sudah terbayang?

4. Panggilan cepat.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Google Assistant akan memberikan kemudahanmu tidak hanya melalui smartphone. Salah satu keunggulan Google Assistant di tahun ini adalah mampu menambahkan kontak penting ke daftar 'panggilan cepat'. Ini akan membuat siapa pun di rumah dapat melakukan panggilan dengan cepat dan mudah.

Kamu bisa melakukan ini melalui smart display atau pengeras suara yang kompatibel. Tentu saja, untuk menjalankannya kamu hanya perlu mengatakan "Hai Google, panggil (nama yang dimaksud)," kemudian Google akan menghubungi orang itu.

5. Membaca konten online.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Sepertinya tahun 2020 kamu akan semakin akrab dengan Google Assistant. Google mengumumkan untuk pengguna Android akan dapat memerintahkan Google Assistant untuk membaca web secara lengkap.

Bahkan Google juga menjanjikan Google Assistant akan dirancang cukup cerdas untuk membantumu. Caranya sama, perintahkan Google Assistant dengan berkata, "Hai Google, baca halaman ini,". Wah, ini sih bakal praktis banget ya.

6. Menghapus history (riwayat) dan perintah asisten.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Ketika sudah banyak perintah yang kamu katakan tentu ia akan menumpuk begitu saja, dong? Tahun 2020 ini kamu bisa menghapusnya sesuai yang kamu inginkan. Kamu bisa menghapus riwayat perintah asisten baik untuk seminggu lalu, bulan lalu, ataupun yang kamu mau.

Semuanya bisa tinggal kamu katakan dengan memerintahkan Google Assistant. "Hai Google, hapus semua yang saya katakan minggu ini". Begitu juga ketika Google Assistant mendeteksi perintah yang tidak sengaja, misalnya dari suara TV. Kamu bisa menghapus perintah itu dengan mengatakan "Hai Google, itu bukan untuk kamu,".

7. Mendukung TV Android.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Tahun ini sudah ada beberapa model TV yang memiliki fitur mikrofon jarak jauh. Pembaruan ini akan membuatmu bisa menggunakan TV pintar atau smart TV persis seperti saat kamu menggunakan pengeras suara.

Jadi kamu bisa menjalankannya dengan perintah suara. Bahkan pada tahun ini sudah ada bocoran, kamu bisa membeli smart TV Samsung yang dilengkapi dengan  Google Assistant.

8. Penyiapan smart home yang lebih cepat dan mudah.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

foto: Shutterstock

Fitur terbaru Google Assistant akan menghapus langkah-langkah yang kurang praktis ketika kamu menyiapkan perangkat pintar baru melalui aplikasi pendamping gadget. Google Assistant akan memberikan jalan yang lebih mudah tanpa perlu memasukkan kembali detail login kamu.

(brl/gib)