Brilio.net - Kepopuleran pulau Bali sebagai tujuan wisata dunia bukan hanya karena pesona alamnya yang indah, namun masih ada banyak hal menarik lain yang menambah popularitas pariwisata Bali di mata wisatawan. Salah satunya seperti budaya dan adat istiadat setempat serta tradisi unik yang ditawarkan. Segala sesuatu yang ada seolah saling melengkapi untuk menawarkan pengalaman menarik untuk dinikmati.

Salah satu budaya Pulau Dewata yang memiliki keunikan adalah nama orang Bali. Mayoritas mereka menggunakan nama Wayan, Made, Nyoman dan Ketut. Akan mudah mengenali apakah seseorang asli dan berasal dari Bali atau bukan hanya dengan mengandalkan namanya saja.

Lalu bagaimana sebenarnya asal-usul dan aturan tata nama tersebut? Dilansir brilio.net dari balitoursclub pada Rabu (8/2).

Arti awalan "I" dan "Ni" dalam nama orang Bali.

Asal usul nama orang Bali © 2023 brilio.net

foto: nederlandsfotomuseum.nl

Dilansir brilio.net dari researchgate, semua nama tersebut memiliki awalan seperti huruf "I" dan "Ni", dalam budaya orang Bali, "I" bermakna seorang laki-laki dan "Ni" seorang perempuan. Jadi huruf "I" sebelum nama Wayan merupakan kata sandang yang berarti laki-laki, sedangkan kata sandang penanda perempuan adalah "Ni". Adapun contohnya seperti nama I Wayan Wijaya atau Ni Wayan Wijani, penggunaan nama-nama ini disesuaikan dengan urutan kelahiran anak di Bali.