Brilio.net - Model Kelly Tandiono berkolaborasi dengan Hagung Sihag meluncurkan Petruk of the Sea, yang merupakan koleksi terbaru Cover Me Not (CMN) di Jakarta Fashion Week 2023, Kamis (26/10). Mengangkat tema" Peduli Laut" Kelly Tandiono gandeng beberapa publik figur seperti Anastasia Siantar, Esssie Yan, Gisella Anastasia, Ibnu Jamil, Karin Novilda, Karenina Sunny Halim, Paul Latumahina, Raiki Pasha, Rino Soedarjo, Ririn Ekawati, Widi Mulia, dan Yoshi Sudarso.

Tidak hanya pakaian renang, peluncuran ini juga menampilkan pakaian pantai beserta aksesoris untuk melengkapi keseluruhan look.

Acara peluncuran Petruk of the Sea dibuka dengan pementasan wayang dan monolog Petruk yang berkisah tentang laut dengan segala permasalahannya. Wayang yang telah menjadi tradisi dan budaya Indonesia secara turun temurun dibawakan oleh Nanang Hape secara ringan dan kekinian yang dipadukan dengan unsur musik, teater, dan monolog.

Nanang Hape adalah seorang dalang kekinian sekaligus pendiri komunitas Wayang Urban yang banyak menjangkau penontonnya dengan kreasi pementasan wayang yang lintas bidang. Petruk, tokoh punakawan dalam pewayangan Jawa yang menjadi inspirasi koleksi ini, telah menjadi bagian dari karya-karya seni ilustrasi Hagung Sihag.

Saya mengangkat Petruk dalam karya-karya saya sejak enam tahun lalu. Petruk sebagai karakter wayang punakawan dipinjam dan disajikan ulang dengan stylist yang lebih simpel modern sehingga bisa masuk di isu-isukontemporer dan menyuarakan problematika kontemporer. Kolaborasi Petruk dengan CMN akan menyuarakan tentang keseimbangan alam lautan, ujar Hagung.

Ide koleksi Petruk of the Sea telah ada sejak tahun 2022 lalu, berawal dari kecintaan Kelly Tandiono pada laut. Apresiasinya pada budaya Indonesia, khususnya wayang, mempertemukan Kelly dengan ilustrator Hagung Sihag dan menginspirasinya untuk berkreasi membuat kampanye fesyen, Petruk of the Sea, dengan tema Adam dan Hawa, di mana segalanya bermula.

Wayang juga mempertemukannya dengan dalang Nanang Hape. Melalui fesyen, Kelly ingin menghidupkan Petruk sebagai pahlawan dan penjaga laut.

Sementara itu, koleksi Petruk of the Sea terdiri dari 20 look dan diproduksi dengan proses yang berkelanjutan dan minim limbah. Sisa bahan pembuatan bikini dan pakaian digunakan untuk membuat produk-produk lain, seperti topi dan tas.

Koleksi kali ini tidak hanya tentang look, tapi juga edukasi dan aksi tentang lingkungan laut dan budaya wayang. Harapannya masyarakat lebih sadar untuk mencintai dan menjaga laut dan wayang agar tetap lestari, tutur Kelly Tandiono.

Koleksi Petruk of the Sea dan produk COVER ME NOT lainnya akan hadir untuk masyarakat mulai bulan November 2023. Produk ini juga bisa dilihat dan dibeli di akun instagram dan website COVER ME NOT atau berbagai toko online lainnya.