Brilio.net - Kamu pasti nggak asing dengan keju. Makanan gurih yang kerap menjadi pendamping makan roti. Oh ya, pasti kebanyakan orang tahu kalau keju adalah makanan hasil fermentasi susu sapi.

Tapi ada lho, keju yang berasal dari olahan susu keledai dan harganya sangat fantastis, Rp 14 juta untuk 1 kg. Luar biasa ya?

Dilansir brilio.net dari Independent, Senin (12/12), keju ini pertama kali diproduksi salah satu peternakan di Serbia.

Pemilik peternakan, Slobodan Simic mengaku telah memproduksi kudapan lezat ini, sejak 16 tahun lalu dengan bermodalkan 12 ekor keledai saja. Usahanya tersebut terus berkembang, dan hingga saat ini ia telah memiliki 300 ekor keledai siap perah.

Keju keledai © 2016 brilio.netfoto: fromthecowsmouth.wordpress.com

Loading...

Meskipun keju ini terbilang langka, namun kandungan nutrisinya sangat baik untuk tubuh. Siapa sangka, susu keledai mengandung protein, kalsium, serta asam lemak omega yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang selama ini tidak dapat mengonsumsi susu sapi, susu keledai dapat menjadi pilihan alternatif yang sangat menarik. Menurut Simic, harga fantastis untuk ukuran sebuah keju memiliki alasan yang jelas, yakni dalam proses pemerahannya.

Untuk membuat keju yang sempurna, dibutuhkan 25 liter susu keledai segar. Sementara keledai nggak seperti sapi. Produksi susunya cenderung sedikit. Jadi wajar ya harganya cukup mahal.

Keju keledai © 2016 brilio.netfoto: siamagazine.com

Selain itu, susu keledai tidak memiliki kandungan kasein yang cukup tinggi, sehingga proses pengentalan keju pun harus diperhatikan secara teliti dan memakan waktu yang lama.

Kamu tertarik mencoba?