Brilio.net - Pastinya sudah nggak asing jika mendengar atau melihat karikatur. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi semua orang yang mengenal subjek tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karikatur adalah gambar atau penggambaran objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut.

Biasanya karikatur menggambarkan fenomena-fenomena terkini seperti halnya kegiatan atau perilaku tokoh, kejadian yang langka terjadi, atau bahkan keadaan alam sekitar yang bisa menjadi bahan untuk dijadikan sebuah karikatur. Seringkali karikatur dibuat dengan tidak mirip wajah atau tokoh aslinya, namun dibuat seperti komik, lebih lucu, dan biasanya menggambarkan ciri khas yang bersangkutan.

Karikatur juga bisa digunakan sebagai kritik atau pesan karena tidak menunjuk langsung. Kritik atau pesan bisa tersampaikan dan juga selain melihat, pembaca dapat terhibur dengan adanya gambar karikatur tersebut.

Nah, untuk dapat memahami lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (9/6), inilah ciri-ciri, manfaat, dan jenis karikatur.

(brl/lin)