Brilio.net - Bersepeda sebenarnya adalah salah satu cara untuk hidup sehat dan mengurangi polusi karena asap kendaraan. Di Indonesia, orang malas bersepeda untuk berkegiatan biasanya karena nggak mau bau keringat, gerah, panas, jalanan sudah penuh dengan kendaraan bermotor maupun pengguna kendaraan lain yang nggak "ramah" kepada para pengguna sepeda.

Nah, hal itu beda jauh dengan yang terjadi di Polandia. Di sana, jalur sepeda benar-benar bisa dimanfaat sepenuhnya oleh pengguna sepeda. Yah, tertibnya orang Eropa harus diakui jauh di atas ketertiban orang Indonesia, khususnya saat berkendara di jalan umum, ups! Di sana para pengguna sepeda benar-benar dihormati dan dimanjakan.

Lihat saja 4 Foto yang brilio.net lansir dari Colossal, Selasa (11/10) ini. Foto-foto tersebut menunjukkan bagaimana pemerintah kota Lidzbark Warminski yang bekerja sama dengan TPA Instytyt Badan Technicznych, membuat jalur sepeda di kota tersebut berkilau di sore hari. 

1. Lihat deh kilau biru itu. Dibuat dari partikel fosfor kecil mirip kristal yang disebut luminophores.

Loading...

Sepeda Polandia © 2016 brilio.net

2.Cara kerjanya adalah menyerap cahaya matahari saat siang hari dan bisa untuk membuat partikel fosfor tersebut menyala selama 10 jam saat sore hingga malam hari.

Sepeda Polandia © 2016 brilio.net

3. Keren banget kan? Bisa sepedaan juga keren kalau buat ngeksis foto-foto.

Sepeda Polandia © 2016 brilio.net

4. Btw, Indonesia kapan ya bikin jalur sepeda yang keren seperti ini?

Sepeda Polandia © 2016 brilio.net