Brilio.net - Polandia, negeri dengan bendera mirip Indonesia tapi versi kebalikannya, putih-merah, ini menyimpan banyak fakta yang tidak semua orang tahu.

Padahal, sejumlah tradisi, tempat wisata, kuliner, dan orang-orangnya akan membuatmu terkesan. Tak kalah dengan negeri cantik Eropa lainnya, seperti Prancis, Italia dan Jerman.

Berikut 10 fakta yang akan membuatmu mungkin tertarik mengunjungi negara yang beribu kota di Warsawa ini :

1. Ulang tahun tak penting
Warga Polandia tak menganggap penting hari kelahirannya. Jadi, jika ulang tahun, jangan berpikir akan mendapat traktiran. Warga di sana lebih memilih merayakan nameday mereka.

2. Tuan rumah festival rock terbesar
Przystanek Woodstock adalah festival terbuka terbesar di Eropa, event tahunan festival musik rock gratis di Polandia, yang namanya dan inspirasinya diambil dari Festival Woodstock.

3. Punya hari libur istimewa
Kupala Day adalah hari libur istimewa dan populer dimana orang akan melompati kobaran api. Pada hari ini, kaum muda biasanya akan melompati unggun yang menyala kuat sebagai bagian tes keberanian dan keyakinan.

Dalam cerita legenda yang berkembang, bagi pasangan, mereka akan melompat dengan bergandeng tangan melewati api. Jika saat melompat kedua tangan mereka tetap erat berpegangan, maka pasangan tersebut diyakini bakal langgeng.

4. Restoran tertua di Eropa 
Terletak di Kota Wroclaw, sejumlah sumber menyebutkan bahwa di sana terdapat restoran tertua di Eropa. "Piwnica Swidnicka", nama restorannya, sudah beroperasi sejak 1275.

5. Bigos hidangan tradisional terpopuler
Bigos dikenal sebagai hidangan paling populer. Mirip sup di Indonesia yang terbuat dari sauerkraut Polandia, sayuran segar, daging cincang, sosis,jamur kering,bawang. Hidangan berkuah kental ini dimasak beberapa hari dan disajikan bersama kentang dan roti.

6. Pembebas Yahudi terbesar
Orang-orang Polandia disebut sebagai pembebas Yahudi terbesar selama Holocaust mencapai 450.000 dari data pasti kematian.

Polandia memegang rekor dengan warga terbesar, 6.135 yang dianugerai gelar Righteous, orang-orang yang mengorbankan jiwa menyelamatkan Yahudi selama Holocaust. Penghargaan diberikan pemerintah Israel.

7. "Pastel" sebagai makanan nasional
Kudapan sejenis 'pastel' di Indonesia yang dinamai "pierogi" adalah salah satu makanan nasional Polandia.

8. Asalnya manusia terkuat dunia
Polandia menjadi negara orang terkuat dunia berasal. Mariusz Pudzianowski, sudah memenangi lima kali juara dan dua kali runner-up dalam kompetisi Manusia Terkuat Dunia.

9. Beruang cokelat tentara
Wojtek adalah beruang cokelat yang diadopsi oleh tentara Polandia selama peperangan Monte Cassino.

Wojtek membantu membawa amunisi dan artileri berat lainnya dan menjadi teman seperjuangan selama Perang Dunia II. Tentara Polandia juga mengajari Wojtek merokok, minum bir dan gulat.

10. Nyaris semua warganya bebas buta aksara
Tingkat literasi atau melek huruf warga Polandia termasuk yang tertinggi di dunia, mencapai 99,7% dengan jumlah penduduk 38 juta.

Hanya 11 negara di dunia yang memiliki angka melek huruf tertinggi. Di antaranya adalah Amerika Serikat, Islandia, Jerman, Jepang, Italia dan Prancis. Tingkat literasi negara-negara tersebut adalah 99%.