Mitigasi itu berupa beberapa botol air yang digantung di salah satu tiang. Di tiang itu juga tertulis sebuah peringatan. "AWAS REM PANAS BIKIN BLONG. SILAKAN SIRAM DISINI," tulis peringatan tersebut.

Wilayah tersebut didominasi jalan menurun. Karenanya, kebanyakan kendaraan cenderung menggunakan rem berlebih sehingga kampas rem dan cakram bakal lebih sering berinteraksi dan cepat panas. Ketika pemanasan terjadi secara berlebihan daya cengkeram rem pun jadi berkurang.

Mitigasi rem blong di Bandungan © TikTok

foto: TikTok/@tentangperjalanan

Oleh karena itu, ada orang yang menyediakan botol berisi air supaya pengendara bisa mendinginkan remnya. Kendati demikian, cara ini tak bisa serta-merta dilakukan. Bahkan, beberapa warganet di kolom komentar mendebat cara tersebut.

Pasalnya, piringan rem yang sedang panas tak sebaiknya disiram air. Bisa jadi, piringan tersebut malah rusak dan pecah. Kendati demikian, ada beberapa pendapat lain yang menyebut bahwa lebih baik piringan yang rusak ketimbang nyawa yang dipertaruhkan.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan mendiamkan motor sementara. Saat keseringan menggunakan rem, lebih baik pengendara beristirahat terlebih dahulu sembari menunggu piringan rem mendingin secara alami.

Mitigasi rem blong di Bandungan © TikTok

foto: TikTok/@tentangperjalanan

Terlepas dari itu, video tersebut viral di TikTok. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton 15,6 juta kali, disukai 560,8 ribu kali, dan dikomentari 4136 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"trimakasih orang baik," ujar akun @_iyapunyapeby_.

"Baik banget yg psang aer dipinggir2 jlan gitu ," tulis akun @user266850641.

"Panjang umur untuk semua hal baik," komentar akun @endrrykawel_.

@tentangperjalanan Wes tau liwat kene rung lurr ,??? #mekaniktiktok #fyp #fypdong #remblong para mekanik TikTok - tyooo