Brilio.net - Insecure dapat dirasakan setiap orang baik anak kecil, remaja, dewasa maupun orang tua. Insecure adalah perasaan tidak percaya diri, malu, takut, gelisah atau merasa nggak aman. Perasaan ini disebabkan karena kurangnya penilaian yang baik tentang diri sendiri.

Insecure dapat dirasakan oleh seseorang ketika sedang bertemu atau berpapasan dengan orang yang "lebih" dari diri mereka. Sebenarnya rasa insecure wajar dirasakan oleh sebagian orang. Namun, jika dibiarkan berlarut-larut akan menjadi sebuah penghambat seseorang untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

Nggak semua orang punya rasa percaya diri yang tinggi. Ada sebagian orang yang merasa insecure. Biasanya seseorang yang insecure akan lebih sulit untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Lantas bagaimana jika kamu terus-terusan merasa insecure? Lebih jelasnya kamu dapat memahami pengertian, penyebab hingga cara mengatasi insecure. Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/2), ini pengertian dan cara mengatasi insecure.

1. Pengertian Insecure.

Insecure adalah apa?   © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Dan Brennan, MD selaku pediatric expert atau child health specialist di Amerika dilansir dari webmd, insecure merupakan perasaan tidak mampu (tidak cukup baik) dan ketidakpastian. Ini menghasilkan kecemasan tentang tujuan, hubungan, dan kemampuan kamu untuk menangani situasi tertentu.

Pada dasarnya setiap orang berurusan dengan rasa tidak aman dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya dapat muncul dalam semua bidang kehidupan dan datang dari berbagai penyebab. Orang yang sedang merasa insecure akan menganggap bahwa dunia sebagai ancaman.

2. Penyebab Insecure.

Insecure adalah apa?   © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Penyebab insecure bisa saja muncul dari kehidupan yang kamu jalani. Insecure juga bisa berasal gangguan setiap orang yang merasa nggak aman di kehidupan sehari-hari. Mungkin juga insecure berasal dari rasa trauma, pengalaman sebelumnya yang kurang menyenangkan, kegagalan dalam hubungan, pengkondisian sosial (mengamati orang lain), atau lingkungan lain seperti halnya sekolah, tempat kerja dan rumah.

Selain itu insecure bisa saja disebabkan karena gangguan mental seperti sedang depresi, stres, gangguan kecemasan, gangguan kepribadian paranoid yang disebabkan karena rasa nggak percaya, serta gangguan yang lainnya.

3. Ciri-ciri Insecure.

Insecure adalah apa?   © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

a. Perfeksionis.

Ciri-ciri dari insecure yang pertama adalah perfeksionis. Perfeksionis ini merupakan ketidakmampuan untuk puas dengan segala cara yang telah dilakukan. Sehingga, menginginkan selalu lebih dan membuat dirinya merasa insecure. Biasanya ini ditemukan pada seseorang yang merasa kurang puas atas pekerjaan atau tubuh.

b. Sering melakukan isolasi mandiri.

Isolasi mandiri ini disebabkan karena seseorang yang merasa insecure nggak ingin berinteraksi dengan orang lain. Terkadang orang-orang ini lebih senang jika berinteraksi secara virtual yang membuat dirinya merasa dapat dikendalikan.

c. Performa kerja yang buruk.

Seseorang yang sedang merasa insecure pastinya akan melakukan berbagai cara untuk mengasingkan dirinya. Jika dalam tempat kerja ditemukan rasa kurang aman, cenderung ingin pindah dan keluar. Sehingga, menghasilkan performa kerja yang buruk.

d. Cemas atau menghindar.

Ciri-ciri insecure selanjutnya yaitu cemas atau menghindar. Rasa ingin menghindar ini disebabkan karena rasa yang tidak aman. Orang yang memiliki ciri ini cenderung menjaga hubungan yang pendek dan mudah melepaskan diri dari hubungan yang lebih serius.

e. Merasa depresi atau cemas.

Semua jenis rasa tidak aman disebabkan karena penurunan kesehatan mental. Perilaku atau pemikiran yang depresi dan cemas sering kali menjadi efek dari rasa tidak aman, terutama ketika rasa tidak aman itu menghasilkan (atau disertai dengan) keyakinan dan pola pikir yang salah.

4. Cara mengatasi insecure.

Insecure adalah apa?   © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Pada dasarnya insecure dapat terjadi oleh setiap orang. Yang perlu kamu ketahui adalah jangan berlarut-larut pada rasa insecure. Ketahui cara untuk mengatasi insecure berikut ini.

a. Tegaskan diri kamu.

Tegas dengan diri kamu. Catat semua yang kamu lakukan adalah benar. Jika hari ini ada hal baik yang telah kamu lakukan, ingat memori itu dan lakukan hal positif selalu.

b. Habiskan waktu bersama orang terdekat.

Menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat akan membuat semuanya lebih baik. Hal ini dapat membangun kepercayaan diri kamu dan membuat merasa diterima apa adanya. Ketika berlibur ajaklah orang-orang terdekatmu dan nikmati momen berbicara dan berinteraksi.

c. Menjauh dari situasi yang menyusahkan.

Jika selama ini kamu dikelilingi dengan orang-orang yang tak menerima kekuranganmu, menjauhlah. Cari teman yang lebih baik dan dapat menjadi sebuah tempat kamu untuk ngobrol banyak hal.

d. Lakukan hal yang membuatmu bahagia.

Menghabiskan waktu luang yang membuat kamu bahagia akan menjadi lebih baik. Kamu bisa pergi berlibur, melakukan hobi, menguasai keterampilan baru adalah cara untuk melupakan rasa cemas dan tidak aman.

e. Fokus dengan langkah kecil.

Mengatasi rasa insecure dengan membangun diri kamu, cobalah untuk bersikap baik dengan diri sendiri. Coba untuk memaafkan dan mencintai diri sendiri. Melalui langkah kecil yang kamu lakukan akan membuat perubahan besar di masa mendatang meskipun melewati proses yang panjang.