Brilio.net - Sebuah gedung apartemen di Chongqing, China, ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi investasi terunik di dunia. Pasalnya sebuah transportasi massal dibangun dengan inovasi yang menarik

Apartemen 19 lantai tersebut ditembus oleh sebuah jalur monorel sepanjang 132 meter. Jalur tembusan mengorbankan 2 lantai gedung apartemen.

Pembangunan monorel ini menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah setempat mengingat kebutuhan transportasi massal yang mendesak pada 2004. Memiliki banyak gedung bertingkat tidak memungkinkan untuk dilakukannya peruntuhan demi sebuah jalur kereta. Sebuah pilihan menjebol 2 lantai apartemen pun diambil.

Lantai 7 dan 8 yang dijebol tersebut kemudian dijadikan stasiun pemberhentian monorel. Proyek ini terhitung inovatif untuk pembangunan kala itu mengingat Chongqing adalah kota padat di daerah pegunungan.

Loading...

Penghuni apartemen pun tidak terganggu selama 11 tahun monorel beroperasi. Mereka tidak merasa bising ataupun merasakan getaran signifikan dari monorel tersebut.

Stasiun yang terdapat di tengah gedung ini kemudian telah memberikan efek naiknya harga apartemen.

Tertarik untuk berinvestasi? (mgg/dimas satria putra).