Brilio.net - Media sosial diramaikan oleh video 21 detik yang menampilkan hamparan putih layaknya salju di jalanan Jakarta. Video diambil dari dalam mobil yang tengah melaju, di jalanan yang disebut-sebut Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. Namun, tampak dalam video tumpahan putih itu hanya berada di salah satu ruas jalan, tidak menyebar. Salah satu pengunggah video tersebut adalah akun @digembok, yang menuliskan caption, "Cuma jaman Ahok jadi gubernur dan Jokowi jadi presiden. Jakarta hujan salju."

Dari penelusuran brilio.net, diketahui bahwa tumpukan salju yang tersebar pada Sabtu (6/5) sore berasal dari pengerjaan proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). Benda putih tersebut merupakan busa dari cairan pelicin yang digunakan dalam pengerjaan MRT. Hal itu disampaikan oleh Corporate Secretary PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah.

Cairan tersebut berfungsi untuk melunakkan tanah selama proses pengeboran trowongan di lokasi proyek MRT di Patung Pemuda, Jakarta Selatan. Cairan yang digunakan olehpara pekerja untuk membersihkan peralatan kontraktor itu tersebar karena ada pekerja yang lupa menutup keran tangki sehingga cairan mengalir ke atas permukaan tanah.

"Ini adalah material sisa yang masih tersimpan di lokasi proyek MRT di Patung Pemuda, meskipun kegiatan pengeboran terowongan sudah selesai seluruhnya pada 23 Februari 2017," kata Hikmat kepada wartawan, Sabtu (6/5).

Berikut ini beberapa penampakan salju tersebut.


1. "Jakarta Hujan Salju tahun ini.." tulis @Ramboganteng2.

Salju Jakarta  © 2017 twitter

foto: Twitter/@Ramboganteng2

2. "Entah kenapa "salju" di Sudirman hanya di satu sisi jalan saja..." tulis @ndorokakung.

Salju Jakarta  © 2017 twitter

foto: Twitter/@ndorokakung


3. Ini videonya yang bikin geger.