Brilio.net - Bendera Norwegia memang bukan bendera tertua di dunia. Tapi, bendera yang dirancang MP Fredrik Meltzer pada 1821 itu lebih tua daripada kebanyakan bendera negara di dunia.

Kamu tahu nggak kalau ada keunikan pada desain bendera Norwegia itu, umumnya untuk semua negara Skandinavia (kecuali Greenland) yang menggunakan ikon salib Nordic. Merah, putih, dan biru adalah kombinasi warna yang didominasi bendera Norwegia, sama dengan bendera Amerika Serikat dan Inggris.

Tapi kenapa ya bendera Norwegia disebut sebagai ibu dari semua bendera di dunia? Bahkan ketika kamu mencari di Google dengan menulis “mother of flag” maka yang dominan akan keluar adalah bendera Norwegia. Ternyata di dalam bagian bendera Norwegia bisa dijadikan bendera nasional negara-negara lain di dunia termasuk Indonesia lho. Kok bisa ya?

Dari bendera Norwegia itu bisa dibuat bendera Polandia, Finlandia, Prancis, Belanda, Thailand, termasuk bendera Paraguay, Kroasia, dan Serbia jika dihilangkan lambang di tengahnya. Secara total, minimal ada sembilan bendera nasional saat ini yang dapat ditemukan dalam bendera Norwegia itu.