Brilio.net - IdeaFest yang merupakan persembahan dari Samara Live kembali menyapa masyarakat. Sukses digelar pada 26-28 November lalu, festival kreatif ini menghadirkan sederet profil inspiratif dari berbagai bidang kreatif lintas industri.

IdeaFest 2021 mempersembahkan program utama yaitu IdeaTalks, Conference, Music, dan Xchievement Night. Menampilkan lebih dari 140 tokoh inspiratif dan 60 sesi edukatif dengan topik yang relevan dengan perkembangan industri kreatif saat ini.

Melihat kemajuan teknologi yang sangat pesat, IdeaFest 2021 mencoba menghadirkan pengalaman festival kreatif baru secara hybrid. Ajang ini memperkenalkan sebuah virtual arena terbaru dan platform metaverse berteknologi tinggi bertajuk "Jagat.Live". Platform ini dirancang untuk menggambarkan konsep interaksi virtual yang interaktif dan imersif. Tidak hanya itu, berbagai sesi inspiratif IdeaFest juga dapat disaksikan secara langsung di M Bloc Space.

“Situasi saat ini membawa masyarakat ke dalam banyak perubahan kehidupan yang tak terduga tetapi menyerah bukanlah jalan dalam menghadapi perubahan serta tantangan yang ada." ujar Ben Soebiakto, Co-Founder of IdeaFest dalam keterangan rilisnya yang diterima brilio.net, Rabu (1/12).

Untuk mengisi panggung virtual Conference yang paling ditunggu, ideaFest menghadirkan nama-nama besar dari dalam dan luar negeri antara lain Tablo, Stefan Sagmeister, Kevin Kwan, Daito Manabe, Yvett Merino, Byron Howard, Raffi Ahmad, Ridwan Kamil, Reza Servia, Ahmad Izham Omar, dan beberapa nama besar lainnya.

IdeaFest juga menghadirkan deretan figur inspiratif lainnya seperti Brian McGinn, Cecilia Soojeong Yi, Calvin Chua, Chand Parwez Servia, Dian Sastrowardoyo, Voice of Baceprot, Dee Lestari, Jerome Kurnia, Arawinda Kirana, Wregas Bhanuteja, Aaron Seeto, Afutami, Max Mandias, Luluk HF, Marsela Limesa, Sal Priadi, Sulaiman Said, Wening Hung, Marchella FP, Bapak2ID, Weining Hung, Zico Halim, dan masih banyak lagi.

Keseruan masih belum selesai. IdeaFest 2021 juga mempersembahkan program musik dengan menampilkan sederet musisi Tanah Air yaitu, Kunto Aji, Lomba Sihir, Basboi & Les Musik ft. Kamga, A. Nayaka, Kay Oscar, serta menghadirkan special performances dari 9 musisi yang berhasil terpilih dari program IdeaFest Music Camp.

Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sangat mengapresiasi gelaran IdeaFest tahun ini. Menurutnya, ajang ini menunjukkan semangat serta komitmen untuk memberikan ruang bagi seluruh pelaku industri kreatif berkolaborasi.

"Di situasi pasca pandemi ini, masyarakat perlu sudut pandang baru dalam melihat situasi ini untuk menciptakan kembali semangat bangkit masyarakat dalam membangun ekosistem industri kreatif yang lebih baik. Dengan begitu, harapannya masyarakat dapat mampu bersaing, menciptakan inovasi, dan membangkitkan kembali potensi ekonomi kreatif Indonesia," pungkas Neil.

Bersinergi dengan berbagai pelaku industri, IdeaFest turut dimeriahkan presenting partner yaitu Pro Warriors yang membawa semangat pantang menyerah bagi generasi muda. Selain itu, IdeaFest 2021 juga didukung oleh berbagai sponsor yang berpartisipasi pada penyelenggaraan tahun ini seperti PT. Indofood CBP Sukses Makmur melalui brand Indomie, Pop Mie, Indomilk, dan Chitato, Tbk, Danone Indonesia, Wardah, Ericsson, Durex (PT. Reckit Benckiser Indonesia), Unilever, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Samara Live selaku penyelenggara konsisten menghadirkan IdeaFest sebagai ruang bertukar inspirasi antar insan kreatif Indonesia. Samara Live selalu berusaha memberikan terobosan-terobosan baru yang inspiratif, edukatif, dan berkontribusi secara positif terhadap perkembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Untuk diketahui, tayangan IdeaFest 2021 masih dapat disaksikan oleh pemegang tiket Live & Rewind di www.Jagat.Live serta Vidio.com hingga akhir Desember 2021 ini.

(brl/lak)

(brl/lak)