Brilio.net - Istilah hibernasi sering digunakan untuk menggambarkan makhluk hidup yang sedang istirahat sejenak. Salah satu makhluk hidup yang melakukan hibernasi adalah hewan. Di alam liar, para hewan berusaha untuk bertahan hidup melalui beberapa cara, salah satunya dengan melakukan hibernasi. Hibernasi adalah penurunan aktivitas metabolisme dan suhu tubuh yang lebih rendah. Cara unik ini dilakukan oleh kelompok hewan mamalia sebagai bentuk adaptasi terhadap suatu kondisi, salah satunya adalah musim dingin.

Hewan yang melakukan hibernasi akan terlihat tampak seperti hampir mati karena hanya sedikit bernapas dan suhu tubuh para hewan tersebut mendekati titik beku. Ketika musim telah berganti menjadi musim panas, hewan yang hibernasi akan mulai kehidupan normalnya kembali. Untuk memahami lebih rinci mengenai aktivitas hibernasi pada hewan, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (4/7).

Pengertian hibernasi

pengertian dan tujuan hibernasi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Daniele Levis Pelusi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hibernasi adalah keadaan istirahat atau tidur pada binatang selama musim dingin. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Ikan pada Ikan Budidaya, definisi hibernasi adalah kondisi tak aktif dan penurunan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah, pernapasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah.

Pendapat lain menyebutkan bahwa hibernasi adalah torpor jangka panjang di mana selama periode tersebut suhu tubuh hewan diturunkan sebagai bentuk adaptasi terhadap musim dingin dan kelangkaan makanan. Pada saat melakukan hibernasi, hewan akan menurunkan aktivitas metabolismenya agar dapat bertahan hidup dalam suhu tinggi dan dalam kelangkaan persediaan air.

Hibernasi juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan fisiologis yang memungkinkan kelangsungan hidup selama periode panjang suhu dingin dan persediaan makanan yang berkurang, di mana metabolisme menurun, sistem denyut jantung dan pernapasan menurun, serta suhu tubuh dipertahankan pada level yang lebih rendah dibandingkan keadaan normal. Hibernasi terjadi pada sebagian hewan di wilayah garis lintang utara, di mana hewan kemungkinan menghindari musim dingin yang membutuhkan energi lebih banyak.