Brilio.net - Memiliki kisah cinta beda agama dan budaya memang tidak mudah, seperti yang dialami seorang wanita Tionghoa dengan seorang jejaka berkebangsaan Melayu. Mereka tentunya memiliki jalan cerita yang panjang dan berliku untuk akhirnya bisa bersama.

Pasangan bernama Nur Aishah Humaira Abdullah dan Muhd Amir Faiz Ramzi resmi menikah pada 22 Februari 2016. Kala itu hubungan perempuan yang akrab disapa Emilia dan Amir ditentang oleh ibunda Emilia, RB Tan atau Elaine, jelas ini karena perbedaan kepercayaan dan juga budaya.

"Saya memeluk Islam sebab suka dengan agama ini. Ketika sekolah, saya juga ambil pelajaran Tasawwur. Kemudian saya peluk Islam ketika mau menikah," ujar Emilia seperti dilansir brilio.net dari mstar.com.my.

Di Awal keputusannya pindah agama, tentu saja membuat sang ibu marah dan kesal. Bahkan mereka yang hidup berdua di rumah tidak saling tegur sapa.

"Masa awal memeluk Islam, saya mendapat tentangan. Emak saya kebetulan seorang ibu tunggal. Kami tinggal serumah tapi tak saling tegur sapa," kata Emilia.

Perempuan dimarahin emak di acara resepsi pernikahan Instagram

foto: Instagram/@mstaronlineofficial

"Emak frustasi, jadi saya yang lebih banyak keluar atau berdiam diri di dalam kamar saja," kenang Emilia tentang awal pertama kali menjalani hidup sebagai mualaf," sambungnya.

Yang namanya ibu, tentu tak bisa menaruh kebencian lebih pada anaknya. Sikap Elaine pun mulai melembut ketika Emilia sudah memiliki calon suami kala itu. Ketika calon suami Emilia datang ke rumah, Elaine menegur putrinya untuk tidak terus-terusan di kamar.

"Mungkin Emak lihat usaha calon suami seperti mau menyatukan kami kembali. Mereka pun mulai sering berbincang-bincang," ujar Emilia.

Perempuan dimarahin emak di acara resepsi pernikahan Instagram

foto: Instagram/@mstaronlineofficial

Emilia akhirnya menikah, menurut penuturannya, dia dinikahkan oleh wali hakim. Hal ini dikarenakan dia tak pernah mengetahui keberadaan ayahnya hingga sekarang ini. Kala itu hanya akad nikah biasa tanpa adanya resepsi.

Hubungan rumah tangga Emilia dan suaminya begitu harmonis dan mereka pun dikaruniai dua orang anak. Rencana resepsi pernikahan tidak pernah terjadi. Namun setelah lima tahun, dan kebetulan keluarga angkatnya di Sabak Bernam, Selangor, pada 1 Maret tahun lalu menggelar resepsi pernikahan. Mereka pun menjadikan momen spesial itu untuk Emilia dan Amir pula.

Perempuan dimarahin emak di acara resepsi pernikahan Instagram

foto: Instagram/@mstaronlineofficial

"Kami belum punya foto pernikahan, dan kebetulan kakak angkat mau menikah. Jadi saya dan suami awalnya cuma mau numpang foto saja," ujar ibu dua anak itu.

"Tapi keluarga angkat malah bikin acara buat kami juga, jadi resepsi dengan dua pasangan sekaligus," kata Emilia.

Sebenarnya Emilia malu, karena dia bukan pengantin baru lagi. Pernikahannya sudah berlangsung sangat lama. Namun mau bagaimana kebaikan dari keluarga angkatnya itu tidak bisa ditolak. Emilia dan suaminya pun turut membantu mempersiapkan segalanya.

Perempuan dimarahin emak di acara resepsi pernikahan Instagram

foto: mstar.com.my

Di momen tersebut, aksi ibunda Emilia justru viral di TikTok. Elaine tampak anggun mengenakan cheongsam warna merah terang. Dalam video singkat itu, Elaine tampak mengomeli putrinya, sambil memberikan nasehat mengenai rumah tangga.

Alhasil orang pun tak sanggup menahan tawa dan terheran-heran dengan sikap sang ibu yang sedang mengomeli anaknya itu.

"Walaupun saya sudah lama menikah, Emak masih mengomel tentang hal-hal yang sama seperti dulu-dulu," ujar Emilia.

"Emak kasih nasihat supaya saya menjaga suami, menjaga rumah tangga dan banyak lagi," sambungnya.

"Kebetulan Emak ngomelnya di depan keluarga mertua, jadi abang ipar saya yang rekam video," kata Emilia.

Dia pun tak menyangka jika video omelan ibunya itu bisa viral dan menjadi tontonan banyak orang. Begitulah karakter seorang ibu yang sebenarnya peduli pada anaknya, namun cara mereka tidak semuanya sama.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by mStar (@mstaronlineofficial)