Brilio.net - Mengenali warna membutuhkan kemampuan visual. Itu berarti seseorang perlu melihat dengan mata kepala sendiri untuk mengenali warna. Bisakah mengenali warna dengan mata tertutup?

Seorang gadis dari Singapura berhasil membuktikan bahwa mengenali warna bisa dengan mata tertutup. Dilansir brilio.net dari Worldofbuzz, Senin (23/10), gadis yang akrab dipanggil Lim (8) ini mengenali warna benda hanya dengan menyentuh dan mendengarkan benda tersebut. Kemampuan Lim ini tidak didapat begitu saja, lho.

mengenali warna dengan mata tertutup © sinchew.com

Orang tua Lim, Tan (49) menyatakan anaknya tidak terlahir dengan bakat alami untuk mengenali warna dengan mata tertutup. Kemampuan tersebut didapatkan berkat latihan khusus di lembaga pengembangan kemampuan otak. Lembaga tersebut melatih anak untuk memaksimalkan kinerja otak.

Awalnya orangtua Lim ingin memasukkan anaknya di kursus bahasa Mandarin. Namun saat menuju tempat kursus, ia melewati lembaga pelatihan dan pengembangan kemampuan otak. Ia lalu memutuskan untuk mendaftarkan anaknya di lembaga tersebut.

Loading...

Di lembaga pelatihan tersebut, Lim diajarkan untuk meningkatkan konsentrasi. Proses latihannya pun sangat disiplin dengan durasi yang cukup lama yakni 6 jam pada dua kali pertemuan pertama. Biayanya pun tidak murah yakni mencapai Rp 8 juta per bulan.

Berkat latihan yang disiplin, kini kemampuan konsentrasi Lim meningkat. Ia dapat mengenali warna kartu dengan sentuhan jari dan mata tertutup. Tak hanya itu ia bisa mengenali huruf pada kartu hanya dengan menyentuhnya.

mengenali warna dengan mata tertutup © sinchew.com

Tidak semua murid yang belajar pada lembaga tersebut mempunyai kemampuan setara dengan Lim. Adalah Lim, murid dengan perkembangan tercepat di kelas itu. Kemampuannya bahkan semakin berkembang, termasuk bisa bermain catur dengan mata tertutup. Berkat kemampuan tak terduganya itu, ia mendapat penghargaan dari pemerintah Malaysia.

Nah jika otak diasah dengan maksimal, ternyata bisa menghasilkan kemampuan tak terduga.