Brilio.net - Kamu yang ngaku anak kekinian segera bersiap mendapat kejutan dari Facebook. Pasalnya, media sosial milik Mark Zuckerberg ini bakal mematenkan perangkat lunak (software) yang menyaring istilah-istilah bahasa gaul (slang) yang disebut social glossary.

Sebagaimana dikutip brilio.net dari BUSINESS INSIDER, Senin (14/3), social glossary merupakan sistem yang akan memeriksa setiap postingan dan pesan di Facebook. Selanjutnya sistem itu akan mencari dan menyeleksi bahasa slang yang sering digunakan anak muda dan belum berlaku secara umum, namun berpotensi populer. Uniknya, kalau bahsa slang itu sudah nggak populer, secara otomatis akan dihapus oleh sistem.

Cara Facebook menyeleksi bahasa slang anak muda

slang © 2016 brilio.net

foto: businessinsider.com

Loading...

Meski begitu, belum jelas tujuan Facebook sebenarnya membuat software pematenan ini. Tapi kabar yang muncul menyebutkan social glossary bermaksud memperbaiki program prediksi teks termasuk bahasa slang yang belum masuk ke dalam kamus.

Hmmm... Kira-kira 'baper', 'mager', 'jones', 'woles' dan lain-lain berpeluang masuk nggak, ya? Coba tulis bahasa slang yang sering kamu gunakan bareng kawan-kawanmu. Siapa tahu tersaring sama software-nya Facebook...