Brilio.net - Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk dari proses reaksi timbal balik antar makhluk hidup dengan lingkungannya, sehingga dapat diartikan bahwa ekosistem merupakan pertukaran bahan-bahan antara bagian yang hidup dan tak hidup di dalam suatu sistem.

Di dalam sebuah ekosistem, makhluk hidup akan berkembang bersama lingkungan yang ditinggali dan membentuk sebuah sistem kehidupan. Hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan akan membuat organisme dan lingkungan menciptakan sebuah sistem untuk menjaga alam dan bumi agar layak untuk berkehidupan. Ekosistem sendiri terdiri dari banyak unsur dan spesies yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ketersediaan sumber daya serta faktor kimia dan fisika.

Untuk mendapatkan pemahaman lebih jauh mengenai ekosistem, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (21/6).

Pengertian ekosistem.

penjabaran tentang ekosistem © berbagai sumber

foto: Unsplash/Barkah Wibowo

Menurut Tansley, ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komponen biotik seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroba dengan komponen abiotik seperti cahaya, udara, air, dan tanah di alam. Ekosistem juga dapat diartikan sebagai suatu sistem yang menjadi satu kesatuan dengan struktur dan komponennya. Jika salah satu komponen ekosistem terganggu, maka komponen lainnya secara cepat atau lambat juga akan terpengaruh.

Dari uraian mengenai definisi ekosistem di atas, dapat disimpulkan bahwa ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik yang saling memengaruhi antara komponen yang satu dengan komponen lainnya.

 

(brl/tin)