Brilio.net - Program acara hiburan seperti reality show pencarian bakat, banyak diminati oleh masyarakat. Selain menampilkan selebriti terkenal, banyak wajah-wajah baru yang memiliki visual yang menarik, dan bagi mayoritas program ini cukup menghibur mereka.

Tapi masyarakat China tampaknya harus kehilang beberapa program reality show yang selama ini sudah tayang. Terutama acara yang menayangkan keseharian seorang idol (artis idola) dan acara yang menayangkan anak selebriti.

Melansir dari The Guardian, Jumat (3/9), China melaporkan telah melarang beberapa reality show pencarian bakat dan menginstruksikan penyiar televisi tidak mempromosikan pria terlalu maskulin, sebagai upaya terbaru membentuk kembali budaya industri hiburan di negara besar itu, yang menurut pihaknya menyesatkan anak muda di China.

"Lembaga penyiaran dan TV tidak boleh menayangkan program pengembangan idola atau variety show dan reality show yang menampilkan anak-anak selebriti," kata regulator siaran China, National Radio and Television Administration, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (3/9).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Mereka juga memerintah para penyiar untuk menolak 'estetika abnormal', seperti pria dengan penampilan yang terlalu maskulin, influencer yang vulgar, kenaikan gaji selebriti, dan aktor yang tidak bermoral. Aturan ini dirancang untuk memperbaiki masalah pelanggaran hukum, moralitas artis, serta kekacauan di komunitas penggemar atau fans club.

china larang reality show © 2021 berbagai sumber

-foto: Instagram/@ywys3global2

Acara yang menampilkan keseharian idol (artis idola) seperti Youth with You dan Produce 101, telah menjadi fenomena besar di Tiongkok selama beberapa tahun terakhir. Ini adalah format acara yang sama dengan Korea Selatan dan Inggris.

Menurut 10 data teratas yang dikumpulkan oleh Maoyan Research Institute, Produce 101 adalah salah satu acara yang paling banyak ditonton di Tiongkok.

Sebanyak 52% penonton Produce 101 lahir setelah tahun 1990-an. Penelitian tersebut menambahkan bahwa penonton pria muda juga tertarik pada acara pencarian bakat ini, khususnya yang memproduksi girl group.

china larang reality show © 2021 berbagai sumber

-foto: Instagram/@produce101chinaa

Alasan lain mengapa China melarang program reality show seperti ini, yaitu melihat dari kasus Kris Wu yang ditahan atas tuduhan pemerkosaan beberapa minggu lalu. Ada dugaan yang mengatakan penggemar setianya akan menyerbu penjara untuk membebaskan Kris Wu dari tuduhan tersebut.

Pihak berwenang akan mengekang perilaku fandom China yang berlebihan dan terlalu memuja selebriti dan membuatnya tidak rasional. Tidak hanya itu, media di China juga dilarang mempublikasikan cerita yang menampilkan kekayaan, gosip, topik hangat yang negatif, dan influencer yang kasar.

(brl/far)