Brilio.net - Nggak bisa dipungkiri kalau film horor jadi salah satu genre film yang populer di Indonesia. Terlebih Indonesia masih menyimpan banyak kisah mistis yang tersebar di masing-masing daerah dan ceritanya kerap menimbulkan kengerian tersendiri.

Berangkat dari hal tersebut, akhirnya banyak rumah produksi yang menggarap film horor dengan mengangkat kisah mistis di Tanah Air. Tak hanya menyajikan tontonan yang menegangkan, belakangan banyak sutradara dan penulis skenario yang berhasil membuat jalan cerita yang unik, menarik, dan dipenuhi unsur teror yang mencekam.

Hal itu juga yang membuat Baim Wong selaku pendiri rumah produksi Tiger Wong Entertainment akhirnya menggarap film bergenre horor setelah sebelumnya menggarap film genre drama misteri. Di projek film keduanya ini, Tiger Wong Entertainment berkolaborasi dengan MNC Pictures untuk membuat film horor thriller berjudul Lembayung yang diadaptasi dari sebuah thread viral di X (Twitter).

Tak hanya berperan sebagai produser, Baim Wong juga terjun langsung sebagai sutradara bersama Ruben Adrian. Ide cerita film "Lembayung" diangkat dari sebuah thread viral bertajuk 'Jin Poli Gigi'. Kisah tersebut ditulis oleh Pica melalui akun @saturnrushx saat ia masih menjadi mahasiswa keperawatan.

 Baim Wong garap film horor Lembayung gaet Arya Saloka jadi pemeran © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Bekerja sama dengan Ruben Adrian untuk menyutradarai film Lembayung tentu menjadi hal baru bagi saya. Sangat menantang, tapi seluruh persiapan sudah kami lakukan dengan matang. Saya juga senang para cast sejauh ini bekerja sama dengan baik. Semoga semuanya dilancarkan dan akhirnya film Lembayung dapat dinikmati penonton Indonesia," ujar Baim Wong.

Lembayung sendiri merupakan nama rumah sakit yang menjadi latar cerita. Pengambilan nama ini sudah melalui proses riset FGD (Focus Group Discussion) dari sekelompok target penonton film horor. Nama Lembayung dinilai unik dan memiliki arti yang terkesan penuh misteri dengan banyak cerita di dalamnya.

Thread tersebut berisi cerita horor yang dialami oleh Pica bersama sahabatnya Arum. Kejadian tersebut bermula ketika keduanya sedang melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) di unit Poli Gigi sebuah Rumah Sakit di kota kecil Jawa Tengah. Thread tersebut pun viral di tahun 2022.

Pica pun mengaku berhenti menulis karena trauma atas pengalaman menyeramkan yang kerap dialami. Thread Pica yang viral pun berhasil dikembangkan dengan apik menjadi sebuah skenario film oleh Gemati Rahayu.