Brilio.net - Banjir merupakan peristiwa alam yang memiliki dampak yang sangat merugikan dan seringkali dianggap sebagai musibah karena efek negatif yang ditimbulkannya. Banjir dapat menyebabkan kerusakan besar terhadap properti, infrastruktur, dan sumber daya alam. Rumah, bangunan, dan fasilitas umum bisa rusak atau hancur, menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi individu maupun pemerintah.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya banjir. Termasuk curah hujan yang tinggi dan menyebabkan aliran air sungai meningkat sehingga tidak dapat ditampung oleh sungai. Penyebab lain juga karena permukaan tanah yang rendah, dan perubahan iklim.

Namun, setiap musibah tentu ada hikmah, hal ini yang dirasakan oleh seorang pria paruh baya. Lewat video TikTok yang diupload oleh akun @mata.helang terlihat seorang pria atau bapak-bapak yang mendapatkan rezeki di tengah banjir yang melanda lingkungan rumahnya.

jala banjir © TikTok

jala banjir
TikTok/@mata.helang

Dalam video tersebut, terlihat seorang bapak sedang memegang sebuah jala, dia hendak menangkap ikan. Ternyata bukan di sungai, melainkan di depan rumahnya sendiri. Terlihat bahwa rumahnya tengah dilanda banjir setinggi lutut orang dewasa.

Menjala adalah suatu teknik untuk menangkap ikan atau hewan air lainnya menggunakan sebuah alat yang disebut jala. Jala sendiri terbuat dari bahan seperti nilon, benang yang dirajut menjadi rangkaian simpul-simpul membentuk jaring. Cara menggunakannya hanya dengan melemparkan jala ke dalam air.