Brilio.net - Renovasi kamar mandi merupakan langkah penting dalam meningkatkan kenyamanan dan fungsionalitas rumah. Salah satu perubahan yang sering dilakukan adalah mengganti jenis toilet dari yang awalnya jongkok menjadi model duduk.

Transformasi ini tidak hanya membawa perubahan visual, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan terhadap pengalaman penghuni rumah dalam menggunakan fasilitas kamar mandi.

Mengubah toilet jongkok menjadi duduk melibatkan proses renovasi yang berlapis-lapis. Pertama-tama, perlu dilakukan penghapusan toilet jongkok yang sudah ada dan persiapan tempat untuk pemasangan toilet duduk baru. Selain itu, mungkin diperlukan perubahan pada sistem pembuangan air dan pipa agar sesuai dengan konfigurasi toilet duduk.

Walau prosesnya tidak mudah dan memakan waktu, tapi demi kenyamanan dan keindahan kamar mandi, harusnya hal itu tidak jadi masalah. Kalau kamu masih ragu untuk merenovasi kamar mandi, mungkin ulasan ini bisa jadi inspirasi, nih.

Brilio.net melansir akun TikTok @sudirman27_, sebuah postingan video memperlihatkan perubahan kamar mandi dengan hasil luar biasa.

renovasi kamar mandi buluk © TikTok

foto: TikTok/@sudirman27_

"Proses renovasi Wc dan dapur, Alhamdulillah selesai sebelum bulan suci Ramadhan," tulis akun @sudirman27_, dikutip pada Kamis (24/8).

Penampakan kamar mandi sebelum direnovasi terlihat sangat jadul. Toiletnya masih menggunakan model jongkok yang dibuat seperti podium. Keramik kamar mandi tampak sudah retak. Selain itu tidak ada plafon di bagian atap. Kondisi temboknya juga sudah kotor dan perlu dicat ulang.

renovasi kamar mandi buluk © TikTok

foto: TikTok/@sudirman27_