Brilio.net - Indonesia memiliki beragam suku sehingga memiliki keragaman budaya. Tak heran jika setiap suku dan daerah memiliki ciri keragaman masing-masing. Misalnya ragam adat saat pernikahan.


Seperti pernikahan Jawa Tengah dan Yogyakarta yang memiliki ciri khas tersendiri. Untuk pengantin wanita, biasanya mereka akan memakai paes atau riasan dahi dengan detail cengkorongan (lekukan-lekukan paes).

Untuk membuat riasan paes tentu tidak boleh sembarangan. Paes juga cukup sulit dibuat karena memiliki pakem-pakem tersendiri. Untuk itu, makeup artist atau MUA harus belajar dan banyak praktik agar mahir membuat paes.

Tak sedikit juga orang yang gagal saat mencoba membuat paes sendiri. Namun, lain halnya dengan gadis remaja bernama Mia Salsa ini. Meski masih remaja, gadis ini dengan lihai memperlihatkan cara membuat paes.

Video TikTok yang diunggah akun TikTok @misal010 ini memperlihatkan saat Mia tengah merias dirinya sendiri dengan paes. Ia menjelaskan cara-cara menggambar cengkorongan di dahi dengan detail.