Brilio.net - Gelombang budaya Korea sudah melanda berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Mulai dari serial drama, musik, fashion, hingga kuliner Negeri Ginseng itu menjamur di berbagai negeri di muka bumi. Pun bahasanya juga mulai dipraktikkan oleh orang-orang lintas negara.

Kabar terbaru, mengutip dari World of Buzz, Kamis (7/10), 26 kata bahasa Korea telah masuk kamus bahasa Inggris Oxford alias Oxford English Dictionary, lho. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

1. Aegyo (noun and adjective): “Cuteness or charm, esp. of a sort considered characteristic of Korean popular culture. Also: behaviour that is regarded as cute, charming, or adorable. Cf…”

(Kelucuan atau pesona, khususnya. Semacam sesuatu yang dianggap sebagai ciri khas budaya populer Korea. Juga: perilaku yang dianggap lucu, menawan, atau menggemaskan)

2. Banchan (noun): “In Korean cookery: a small side dish of vegetables, etc., served along with rice as part of a typical Korean meal.”

(Dalam masakan Korea: makanan pendamping berupa sayuran dan lain-lain, disajikan bersama nasi sebagai bagian dari makanan khas Korea)

3. Fighting (interjection): “Esp. in Korea and Korean contexts: expressing encouragement, incitement, or support: ‘Go on!’ ‘Go for it!’”

(Dalam konteks Korea dan orang Korea: mengekspresikan dorongan, hasutan, atau dukungan, seperti "Ayo!" "Lakukan!")

4. Hallyu (noun): “The increase in international interest in South Korea and its popular culture, esp. as represented by the global success of South Korean music, film…”

(Peningkatan minat internasional pada Korea Selatan dan budaya populernya, khususnya, sebagaimana diwakili oleh kesuksesan global musik Korea Selatan, film...)

5. K- (combination form): “Forming nouns relating to South Korea and its (popular) culture, as K-beauty, K-culture, K-food, K-style, etc.”

(Membentuk kata benda yang berkaitan dengan Korea Selatan dan budaya (populernya), seperti K-beauty, K-culture, K-food, K-style, dll)

6. Kimbap (noun): “A Korean dish consisting of cooked rice and other ingredients wrapped in a sheet of seaweed and cut into bite-sized slices.”

(Hidangan Korea yang terdiri dari nasi dan bahan-bahan lain yang dibungkus dengan selembar rumput laut dan dipotong menjadi irisan seukuran gigitan atau sekali lahap)

7. Oppa (noun): “In Korean-speaking contexts: a girl’s or woman’s elder brother. Also as a respectful form of address or term of endearment, and in extended use with…”

(Dalam konteks berbahasa Korea: saudara atau kakak laki-laki dari seorang wanita. Juga bentuk sapaan hormat atau istilah sayang)

8. Unni (noun): “In Korean-speaking contexts: a girl’s or woman’s elder sister. Also as a respectful form of address or term of endearment, and in extended use with…”

(Dalam konteks berbahasa Korea: saudara atau kakak perempuan dari seorang wanita. Juga bentuk sapaan hormat atau istilah sayang)

Itulah beberapa dari 26 daftar kata bahasa Korea yang masuk Oxford English Dictionary. Selengkapnya bisa kamu temukan di sini.

Di antara 26 kata bahasa Korea yang masuk Oxford English Dictionary tersebut kerap ditemui dalam drama maupun reality show yang menampilkan para idol K-Pop atau aktor-aktris Korea. Saking nyantolnya di pikiran penonton, sadar atau tidak, penonton dari berbagai negara mulai menirukan mengucapkan kata-kata itu, termasuk dengan logatnya.

Menurut laporan cnn.com, pihak Oxford English Dictionary menyatakan bahwa gelombang Korea atau Korea wave dalam posisi puncak.

"Kita semua sedang menaiki puncak Korean wave, dan ini bisa dirasakan tidak hanya dalam film, musik, atau fashion, tetapi juga dalam bahasa kita, terbukti dengan beberapa kata dan frasa asal Korea yang disertakan dalam update terbaru dari Kamus Bahasa Inggris Oxford," demikian pernyataan dari pihak Oxford English Dictionary.

Lebih lanjut, pihak Oxford English Dictionary menyebutkan, adopsi kata-kata Korea ke dalam bahasa Inggris telah menunjukkan bahwa “inovasi leksikal tidak lagi terbatas pada pusat-pusat tradisional bahasa Inggris di Inggris dan Amerika Serikat”.

Nah, kira-kira kata bahasa Indonesia yang masuk Oxford English Dictionary apa saja, ya?