Agar baunya tidak menyengat, kamu bisa menambahkan essential oil sebanyak 10 tetes ke dalam mangkuk. Setelah itu tuangkan air biasa ke secara perlahan agar tidak langsung beraksi. Memasukkan air dilakukan sambil mengaduk.

Jika adonan pembersih tadi sudah bisa dibentuk, lalu ambil satu sendok atau lebih untuk membentuknya jadi bulat.

bikin pembersih sendiri © TikTok

foto: TikTok/@dessiinatalia

Bola-bola itu kemudian tinggal dicelupkan ke dalam kloset atau toilet. Tunggu sampai bola-bola memuai dan larut, lalu kamu bisa menggosoknya. Nanti busa dari bola tersebut keluar dan bisa dipakai untuk membersihkan bagian lain.

Bola-bola pembersih ini juga bisa dipakai untuk membersihkan sink atau tempat mencuci piring. Caranya sama yaitu tinggal dilemparkan ke dalam sink, langsung siram dengan air, kemudian sikat.

bikin pembersih sendiri © TikTok

foto: TikTok/@dessiinatalia

Tips sederhana membersihkan sudah lama dibagikan ke akun TikTok, tepatnya bulan Mei 2022 lalu. Beragam respons juga ditinggalkan warganet di kolom komentar. Rupanya banyak yang memanfaatkan cara ini untuk membersihkan tempat atau benda lain.

"sangat bermaffat... makasih tips nya kaka," ujar Wahyuni.

"aku juga suka pake buat nyuci handuk . di rendem 15mtn bersih seketika ," kata Malisyaq.

"sy biasa jg d pke bwt rendam bju yg putih," komentar Angga.

"pakai pewangi ajaa kakk, kemahalan pakai essential oil," jelas user5757417266382.

@dessiinatalia Tipsnya dapet dari TikTok juga! Yang tau pencetusnya, bantu tag ya #homeandliving #homeliving #tipsandtrick #lifehack #lifehacks Bubblegum K.K. - caughtincandyy