×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Bahan alami pengharum kamar mandi, murah dan mudah dipakai

View Image

0

BRILIO » Wow

7 Bahan alami pengharum kamar mandi, murah dan mudah dipakai

Nggak bikin kantong jebol.

30 / 04 / 2019 04:01

Brilio.net - Kamar mandi merupakan salah satu bagian terpenting di rumah. Sebagai ruangan yang digunakan untuk membersihkan diri dan membuang kotoran, kamar mandi menjadi ruangan yang lembap. Oleh karena itu, kamar mandi menjadi bagian di rumah yang paling memungkinkan untuk menebarkan aroma tak sedap.

Dengan kondisi demikian, merawat kamar mandi agar tetap bersih dan harum adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik rumah. Rutin membersihkan kamar mandi sudah jadi kegiatan wajib. Selain kebersihannya, aroma kamar mandi juga harus diperhatikan agar tetap wangi dan tidak menyebarkan bau tak sedap yang bisa saja menyebar ke bagian ruangan lain.

Cara paling mudah yang dilakukan untuk merawat kamar mandi tetap wangi ialah menggunakan pengharum kamar mandi. Kini, banyak produk pabrik yang ditawarkan untuk mengharumkan kamar mandi. Penggunaannya yang mudah dan praktis menjadi alasan banyaknya orang yang memilih menggunakan produk pabrik sebagai pengharum kamar mandi.

Baca juga: Buah legendaris ini ampuh banget bersihkan kerak membandel di keramik

Namun tahukah kamu, menggunakan produk pabrik terus-menerus untuk mengharumkan kamar mandi tidak bagus bagi kesehatan. Produk pengharum buatan pabrik banyak mengandung zat kimia yang beracun apabila terlalu banyak dihirup oleh tubuh. Sebagai solusinya, kamu dapat memanfaatkan bahan alami untuk mengharumkan kamar mandi tanpa takut dengan efek sampingnya. Sebab, bahan-bahan alami tersebut tentu tidak mengandung bahan pabrik yang tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, bahan-bahan alami tersebut mudah dicari dan tentunya tidak mahal.

Loading...

Apa saja? Brilio.net merangkum tujuh bahan alami yang dapat digunakan untuk mengharumkan kamar mandi, Selasa (30/4) berikut ini.

1. Tanaman.

bahan alami pengharum kamar mandi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Tanaman bisa menjadi pengharum kamar mandi. Letakkan tanaman di sudut-sudut ruangan kamar mandi. Fungsi tanaman di kamar mandi akan membantu menyegarkan udara dalam ruangan kamar mandi. Apabila kamar mandi cukup luas, kamu bisa menaruh tanaman berukuran besar di dalamnya. Selain membantu menyegarkan udara, tanaman juga dapat menambah keindahan interior kamar mandi.

2. Baking soda.

bahan alami pengharum kamar mandi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@beastybuddha

Baking soda dapat dimanfaatkan menjadi pengharum kamar mandi, baik pada bagian ubin, dinding, maupun kloset dan wastafel. Caranya cukup mudah, gosokkan baking soda pada bagian-bagian di kamar mandi lalu bilas dengan air hangat hingga bersih setelah beberapa saat. Alhasil, kamar mandi akan lebih harum dan segar.

3. Lemon.

bahan alami pengharum kamar mandi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Potongan lemon dapat berfungsi menetralkan bau dalam ruangan kamar mandi. Untuk menggunakannya, cukup meletakkan lemon yang telah dipotong-potong di sudut-sudut ruangan kamar mandi. Aroma lemon akan menyebar dengan sendirinya ke seluruh ruangan di kamar mandi. Aroma kamar mandi akan lebih segar dan tidak lagi berbau. Untuk menjaganya tetap segar, jangan lupa untuk mengganti potongan lemon tiap seminggu sekali.

4. Minyak esensial.

bahan alami pengharum kamar mandi © 2019 brilio.net

foto: medicalnewstoday.com

Minyak esensial seperti lavender, papermint, atau serai baik untuk menghilangkan aroma tak sedap dalam kamar mandi. Caranya, cukup teteskan minyak pada tisu toilet atau oleskan minyak dengan kapas di bagian-bagian tertentu di kamar mandi. Kamu juga bisa mencampurnya dengan berbagai jenis rempah untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi.

5. Bunga kering.

bahan alami pengharum kamar mandi © 2019 brilio.net

foto: byrdphoto.com

Bunga-bunga kering atau yang dikenal dengan nama potpourri dapat dimanfaatkan untuk memberikan keharuman di kamar mandi. Caranya, siapkan bunga yang telah dikeringkan. Lalu teteskan minyak esensial agar aromanya terserap di dalam bunga. Setelah itu, kamu cukup meletakkannya di sudut-sudut ruangan kamar mandi dengan wadah kecil. Aroma dari dalam bunga kering akan menyebar ke ruangan kamar mandi.

6. Serbuk kopi.

bahan alami pengharum kamar mandi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Serbuk kopi mudah dicari dan digunakan untuk menetralkan bau tak sedap di dalam kamar mandi. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok makan serbuk kopi yang dimasukkan dalam wadah berbahan kain seperti kaus kaki yang telah terikat. Lalu, letakkan di sudut-sudut kamar mandi seperti bagian belakang pintu atau ventilasi dengan cara digantung. Apabila ingin aroma kopi cepat menyebar, kamu bisa menyangrai serbuk kopi di dalam wajan, lalu letakkan di kamar mandi selagi wajan mengeluarkan asap beraroma kopi.

7. Cuka.

bahan alami pengharum kamar mandi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Bumbu penyedap cuka dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. Cuka bisa digunakan sebagai pembersih kamar mandi. Caranya sangat mudah, campurkan air cuka dengan garam, lalu gosokkan ke bagian yang kotor dan beraroma tak sedap. Setelah digosok, sikat bagian tersebut lalu bersihkan dengan air. Selain itu, cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi akibat rokok. Cara mudah, teteskan cuka pada handuk, lalu kibas-kibaskan di dalam kamar mandi.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more