Brilio.net - Rumah open space adalah desain rumah yang memiliki ruang-ruang utama yang terhubung tanpa banyak dinding pembatas. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan ruang yang terbuka, aliran cahaya alami yang maksimal, dan penggunaan ruang yang efisien.

Sama seperti rumah dengan konsep lainnya, open space juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya yaitu aliran ruang yang lancar, mendapat pencahayaan alami, ruangan terasa lebih luas, serta ruang gerak pemilik rumah sangat leluasa.

Sementara itu kekurangan rumah open space yaitu sulit menyusun furnitur karena ruangan terlalu terbuka, suara mengganggu dari ruang lain mudah terdengar atau bocor, suhu ruangan yang bisa berubah, dan yang pasti adalah kurangnya privasi.

Karena rumah dengan konsep open space itu artinya tidak ada sekat yang membatasi, otomatis area privat seperti kamar atau ruang keluarga terekspose dari pintu masuk. Alhasil penghuni nggak bisa leluas melakukan apapun kalau misalnya ada tamu.

Nah, buat kamu yang mungkin lagi menghadapi masalah itu, tenang aja brilio.net punya solusinya. Menyadur dari akun Instagram @hannaz_home, begini ide cerdas menjaga privasi di rumah yang open space, cuma dengan benda satu ini.

rumah open space © Instagram

foto: Instagram/@hannaz_home

Biasanya rumah open space tidak ada sekat yang membatasi antara ruang tamu dengan area privat seperti gambar di atas. Nah, yang bisa kamu lakukan adalah memasang partisi yang bisa di buka-tutup.