Brilio.net - Di era yang sudah semakin berkembang seperti saat ini, mungkin masih banyak orang yang menyukai cerita-cerita inspiratif. Pasalnya, cerita inspiratif menjadi salah satu cerita yang menarik, berisi tentang kisah inspirasi dari seseorang yang dapat menjadi sebuah pembelajaran buat pembaca.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspiratif bermakna ilham. Maka dapat disimpulkan cerita inspiratif adalah segala sesuatu yang bisa memberi ilham dan pembelajaran.

Sering kali, inspirasi dibutuhkan oleh seseorang dalam melakukan suatu hal untuk menghasilkan suatu karya. Inspirasi ini bisa didapatkan dari pemikiran atau bahkan dari orang lain.

Dengan adanya cerita inspiratif diharapkan bagi para pendengar atau pembaca dapat tergugah motivasinya, sehingga saat menjalankan sesuatu rasa semangat dan percaya diri selalu ada.

Biasanya cerita inspiratif didapatkan dari kisah hidup seseorang, rekaan, atau diambil dari seekor binatang maupun tumbuhan yang memiliki makna serta arti untuk kehidupan nyata. Melalui cerita inspiratif tentunya akan menambah pembelajaran moral maupun sosial yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kamu yang sedang belajar atau ingin membaca teks cerita inspiratif, berikut contoh teks cerita inspiratif singkat yang lengkap dan mudah untuk dipahami, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (19/2).

Struktur teks cerita inspiratif.

a. Orientasi

Orientasi merupakan tahapan cerita, umumnya berisi latar belakang dan pengenalan tokoh.

b. Kerumitan peristiwa

Rangkaian peristiwa adalah awal terjadinya sebuah peristiwa sampai dengan puncak masalah.

c. Komplikasi

Komplikasi adalah tahapan puncak dari sebuah peristiwa, biasanya di sini akan terlihat kerumitan sebuah masalah hingga cara untuk menemukan solusi.

d. Resolusi

Resolusi adalah tahap penyelesaian masalah. Dalam tahap ini juga solusi dari sebuah masalah akan dijelaskan.

e. Koda

Koda adalah penutup dari latar cerita inspiratif. Kesimpulan dan pesan moral akan terdapat di bagian ini.

Contoh teks cerita inspiratif

1. Contoh teks cerita inspiratif tokoh.

foto: freepik.com

Orientasi

Sejak kecil, ia sudah tertarik dalam bidang olahraga yaitu bermain bola basket. Ini adalah salah satu cabang olahraga yang selalu dia cita-citakan.

Kerumitan Peristiwa

Ketika masih SMA, ia pernah ditolak untuk ikut tes masuk tim basket di sekolahnya. Alasannya adalah karena badannya yang terlalu pendek. Bukan hanya itu saja, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan ini.

Komplikasi

Angga sangat sedih mendengar hal itu, namun ia tidak pernah menyerah. Ia selalu berlatih dengan rutin setiap harinya di rumah. Bukan hanya mengatasi masalah tekniknya, namun ia juga melatih fisiknya dengan disiplin setiap harinya.

Hingga beberapa tahun berikutnya, ia pun kembali mengikuti tes di sekolahnya dan akhirnya diterima.

Resolusi

Pada kompetisi SMA di tahun 2005, Angga akhirnya membuktikan kerja kerasnya selama ini. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka.

Bahkan, ia memiliki rekor yang mengesankan. Di mana mendapat rata-rata 25 angka per game serta memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama juga.

Koda

Tapi, ia pensiun tahun 2021 dan tercatat sebagai satu dari pemain yang mampu mencetak angka terbanyak kedua di dalam satu musim. Saat ini, Angga menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, juga salah satu legenda basket sepanjang masa.

2. Contoh teks cerita inspiratif kehidupan.

foto: freepik.com

Orientasi

Suatu hari, ada seorang pria dan keledainya yang jatuh ke dalam lubang yang cukup dalam. Dia bahkan tidak bisa menarik keledai tersebut keluar, namun seperti apapun situasinya ia tidak peduli dan tetap mencobanya. Akhirnya, ia memilih untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

Kerumitan Peristiwa

Tanah itu pun ditimbun ke lubang tempat keledai berada dan ketika keledai tertimpa tanah, akhirnya ia mulai menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah yang ada di atas tubuhnya. Lalu secara perlahan melangkah di atas tanah tersebut.

Komplikasi

Keledai itu pun mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah yang ditimbun itu. Sebab semakin tanah ditimbun, maka semakin tinggi tanah tersebut sehingga keledai bisa naik.

Resolusi

Akhirnya menuju sore hari, keledai itu bisa keluar dari lubang, lalu mulai makan rumput di padang rumput yang hijau.

Koda

Setelah banyak mengibaskan masalah, dan mulai melangkah, maka suatu saat ketika terlepas dari masalah, maka kamu akan mampu merumput di padang rumput hijau. Dalam hal ini kamu akan mampu meraih apa yang sedang dimimpikan.

3. Contoh teks cerita inspiratif tentang sahabat.

foto: freepik.com

Orientasi

Ada kisah mengenai dua orang sahabat yang sudah kenal sejak lama, yaitu Ali dan Bana. Ali adalah orang yang tipenya pendiam dan selalu mengerti bagaimana karakter Bana. Sebaliknya, Bana adalah orang blak-blakan dan apa adanya.

Kerumitan Peristiwa

Walaupun ikatan persahabatan yang terjalin sudah lama karena sifat Bana yang blak-blakan itu seringkali menyakiti orang lain. Ali sering berpikir bahwa kenapa sifat sahabatnya ini tidak kunjung berubah sejak dulu?

Komplikasi

Di suatu hari, Ali pernah menasehati Bana supaya ia harus berubah sifatnya dengan berkata “Bana, cobalah untuk merubah sifatmu. Jika kelakuan terus seperti ini, banyak orang yang di sekitar akan menjauh, termasuk juga aku!”

Bana pun menjawabnya dan berkata “Kamu itu sahabatku. Pastilah sudah sejak dulu memahami sifatku seperti ini. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakterku, tidak apa-apa jika ingin menyudahi pertemanan ini”.

Resolusi

Ali memang memiliki sifat yang baik sebagai sahabat. Ia memberikan nasehat untuk Bana agar berubah dengan alasan kesal dengan karakternya yang terlalu blak-blakan dan tidak memahami situasi. Meskipun kesal, jika mengingat kebaikan Bana selama ini akan meredakan rasa kesalnya itu.

Di hari-hari selanjutnya, bahkan hingga mereka lulus kuliah, Ali tidak meminta Bana untuk merubah sikapnya lagi. Ia yakin meskipun tanpa diminta, Bana pasti akan sadar bahwa sifatnya yang terlalu blak-blakan dan tidak melihat perasaan orang lain kurang baik.

Koda

Dalam sebuah hubungan persahabatan, memang sesekali harus memberikan nasehat untuk sahabat. Ini untuk kebaikannya sendiri. Namun, saat dia mengatakan dengan mudah ingin memutuskan ikatan persahabatan, pikirkan kembali.

Alasannya, bisa jadi sahabat tersebut memang sudah memberikan begitu banyak kebaikan untuk kita. Seiring berjalannya waktu dan tumbuh dewasa, pasti sifatnya akan berubah menjadi lebih baik lagi.

4. Contoh teks cerita inspiratif kehidupan sehari-hari.

foto: freepik.com

Gajah yang Diikat Tali

Orientasi

Seorang lelaki berjalan melewati tenda gajah, dia menemukan gajah itu tidak disimpan di dalam kandang atau diikat menggunakan tali.

Perumitan Peristiwa

Semua yang menahan mereka untuk keluar dari tenda, adalah hanya seutas tali yang diikat ke satu di antara kaki mereka.

Komplikasi

Ketika lelaki itu memandangi gajah itu, dia benar-benar bingung mengapa gajah itu tidak hanya menggunakan kekuatannya untuk memutus tali untuk melarikan diri dari kemah. Mereka dapat melakukan ini dengan mudah, tetapi sebaliknya mereka tidak bekerja keras sama sekali.

Karena penasaran dan ingin tahu jawabannya, ia bertanya kepada pelatih di dekatnya mengapa gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba melarikan diri.

Resolusi

Kemudian pelatih itu menjawab,

Ketika mereka (gajah) kecil, kami mengikat mereka ke masa kini dengan seutas tali berukuran sama. Makin besar gajah, mereka masih percaya bahwa mereka tidak dapat melarikan diri dari tali dan dapat menangkapnya sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk melarikan diri.

Satu-satunya alasan gajah tidak bisa melarikan diri dari tenda adalah karena mereka pikir itu tidak mungkin terjadi seiring waktu.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Tidak peduli berapa banyak dunia berusaha untuk menghentikan Anda, selalu percaya bahwa apa yang ingin Anda capai adalah mungkin. Percaya bahwa Anda bisa sukses adalah langkah paling penting untuk mencapai kesuksesan.

5. Contoh teks cerita inspiratif judul "Penebang Kayu".

foto: freepik.com

Orientasi

Suatu ketika, seorang pemuda yang sangat kuat meminta pekerjaan pada seorang saudagar kayu, dan dia mendapatkannya. Upah yang ditawarkan sesuai dengan keinginannya, lokasi pekerjaannya pun dekat dengan rumahnya. Oleh karena itu, sang pemuda bertekad untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.

Akhirnya, saudagar memberinya kapak dan menunjukkan area tempat penebangannya. Hari pertama penebang pohon membawa 21 batang pohon.

"Wah, hebat kamu kuat sekali, bisa membawa pulang kayu sebanyak ini dalam satu hari," kata saudagar kayu yang merupakan atasannya sekarang.

Perumitan Peristiwa

Termotivasi oleh perkataan itu, sang pemuda menebang kayu dengan usaha yang lebih keras keesokan harinya. Tetapi, hari itu ia hanya bisa membawa 17 batang pohon. Hari ketiga dia berusaha lebih keras lagi, tetapi dia hanya bisa membawa 10 pohon. Hari demi hari, pohonnya makin berkurang.

Komplikasi

"Aku pasti telah kehilangan kekuatanku," pikir penebang kayu itu. Dia menghadap kepada saudagar kayu dan meminta maaf, mengatakan bahwa dia tidak mengerti apa yang sedang terjadi.

Resolusi

"Kapan terakhir kali kau mengasah kapak yang kau gunakan?" tanya bos itu. "Mempertajam? Saya tidak punya waktu untuk mengasah kapak saya. Saya sangat sibuk mencoba menebang pohon."

Koda

Terkadang bekerja keras saja tidaklah cukup untuk mencapai kesuksesan. Kita juga harus bekerja dengan cerdas! Pemuda itu sebetulnya memiliki potensi yang hebat untuk memotong kayu.

Sayangnya, ia tidak memiliki sikap yang tepat untuk dapat berhasil dalam tugas khusus ini. Melalui kerja keras dan sikap yang cerdas, tidak ada yang mustahil dalam hidup ini.

6. Contoh teks cerita inspiratif tentang relawan.

foto: freepik.com

Orientasi

Di tengah pandemi virus corona sekarang ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya bisa tetap produktif. Baik itu dengan bekerja dari rumah, menjadi relawan, bahkan melakukan aksi sosial.

Hal ini dilakukan untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan sesama, khususnya kepada mereka yang terpaksa berhenti bekerja.

Dengan bertambahnya kasus orang yang terjangkit virus corona, membuat masyarakat mulai tergerak hatinya. Masyarakat mencoba untuk membantu para tenaga medis berjuang melawan virus corona dengan cara membuat APD atau Alat Pelindung Diri.

Kerumitan Peristiwa

Kisah relawan difabel bernama Nora sedang hangat menjadi perbincangan media. Kisah ini viral setelah videonya yang sedang menjahit Alat Pelindung Diri dengan memakai mesin jahit diunggah ke laman media sosial.

Apa yang membuat netizen terharu adalah ia menjahitnya tidak memakai tangan melainkan dengan kaki. Nora adalah seorang penjahit yang berkebutuhan khusus sebab tidak memiliki tangan. Baginya, menjadi relawan itu mampu membuat dia gembira.

Komplikasi

Nora dan relawan lainnya telah menjahit kain kurang lebih 400 meter. Kain ini telah dibentuk ke dalam sebuah pola sebelumnya oleh salah satu perguruan tinggi setempat.

Kemudian dijahit dengan menggunakan mesin jahit untuk bisa mendapatkan hazmat yang merupakan alat pelindung diri para tenaga medis.

Resolusi

Tentunya ada banyak warganet yang penasaran, seperti apa Nora yang memiliki keterbatasan fisik mampu menjahit APD. Videonya yang sedang menjahit sudah diunggah di berbagai media sosial.

Dalam video itu, terlihat ia begitu piawai saat menggunakan mesin jahit mulai dari menjahit, menggunting, bahkan sampai Alat Pelindung Diri (APD). Bahkan, ia selalu semangat saat akan menjalani hidupnya dengan segala keterbatasan yang dimilikinya.

Koda

Menurutnya, hidup di dunia ini memang harus bermanfaat bagi orang lain. Saat menjadi relawan Covid-19, ia bahkan merasa hidupnya semakin berharga dan membuatnya begitu bahagia.

7. Contoh teks cerita inspiratif tentang cinta.

foto: freepik.com

Orientasi

Perjuangan dalam hidup ini tentunya akan mengembangkan kekuatan setiap orang. Tentunya tanpa perjuangan, tidak pernah tumbuh apalagi bisa menjadi lebih kuat. Sangat penting bagi setiap orang untuk mengatasi tantangan sendiri dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.

Suatu hari ada seorang ayah yang menghukum putrinya berusia 3 tahun karena membuang gulungan kertas pembungkus emas.

Kerumitan Peristiwa

Uang itu begitu sensitif dan ia menjadi geram karena si anak mencoba menghiasi sebuah kotak untuk diletakkan di bawah pohon. Meskipun demikian, keesokan harinya si anak itu pun membawa hadiah itu kepada ayahnya dan berkata, “Ayah, ini hadiah untukmu.”

Komplikasi

Pria itu pun akhirnya merasa malu dengan reaksi berlebihan sebelumnya, namun kemarahannya terus berlanjut pada saat dia melihat bahwa kotak itu kosong. Dia marah dan berkata, “Apa kamu tidak tahu, saat kamu akan memberi seseorang hadiah, seharusnya ada sesuatu di dalam?”

Gadis kecil itu melihat ayahnya sambil menangis, “Ayah, itu sama sekali tidak kosong. Saya meniup ciuman ke dalam kotak. Semuanya untuk, Ayah”. Sang ayah hancur.

Akhirnya dia memeluk gadis kecilnya dan dia memohon maaf padanya. Lalu setelah beberapa saat setelah itu, sebuah kecelakaan mengambil nyawa anak itu.

Resolusi

Ayahnya menyimpan kotak emas itu di samping tempat tidurnya selama bertahun-tahun. Setiap kali dia merasa berkecil hati, dia akan mengeluarkan ciuman imajiner dan mengingat cinta anaknya yang sudah meletakkannya di sana.

Koda

Cinta merupakan sebuah hadiah paling berharga di dunia ini.