Brilio.net - Dalam memulai sebuah komunikasi, terkadang diperlukan rangkaian pertanyaan agar memancing respons pihak kedua atas pertanyaan dari pihak pertama. Hal tersebut dibutuhkan agar komunikasi yang terjadi tidak hanya jalan searah, namun mendapatkan feedback atau timbal balik dari pihak kedua. Komunikasi dua arah dapat disebut sebagai komunikasi yang lengkap.

Komunikasi yang berjalan dua arah, akan memunculkan rasa nyaman dalam diri masing-masing pihak, sehingga komunikasi yang berjalan pun menjadi lancar. Karenanya diperlukan pegangan untuk memulai sesi komunikasi dua arah dengan menggunakan pertanyaan.

Selain itu, pertanyaan juga diperlukan pada sebuah berita. Berita perlu menyajikan informasi yang lengkap dan menyeluruh untuk para pembacanya. Untuk memenuhi tujuan ini, caranya adalah dengan menulis menggunakan metode 5W 1H yang ditemukan oleh Rudyard Kipling.

Bertanya juga ada metode dan syaratnya loh. Berikut brilio.net rangkumkan contoh daftar pertanyaan 5w+1h dan jawaban dalam bahasa Indonesia dari berbagai sumber, Rabu (21/9).

5w+1h atau what, who, where, when, why, dan how. Keenam kata tersebut digunakan sebagai syarat dalam bertanya.

1. What (apa)

What digunakan untuk bertanya tentang peristiwa atau kejadian.

2. Who (siapa)

Who digunakan untuk bertanya tentang orang.

3. Where (di mana)

Where digunakan untuk bertanya tentang tempat atau lokasi.

4. When (kapan)

When digunakan untuk bertanya tentang waktu.

5. Why (kenapa)

Why digunakan untuk bertanya tentang alasan.

6. How (bagaimana)

How digunakan untuk bertanya tentang cara dan proses.

(brl/far)