Brilio.net - Warna dan corak yang dihadirkan pada setiap tanaman hias, akan memanjakan siapa saja yang melihatnya. Terutama untuk kamu para pencinta tanaman, pasti sudah ada beberapa kategori tampilan tanaman yang bikin jatuh cinta. Mulai dari bentuk daunnya, warna yang dihasilkan, bunga, sampai dengan kemampuannya dalam beradaptasi. Sama halnya dengan keladi green spider, tanaman berwarna merah hijau ini menyimpan banyak daya tarik di dalamnya.

Keladi green spider cukup mudah untuk dikenali. Dengan bentuk daun yang lebar, tanaman hias ini memiliki warna daun yang merah. Sementara itu terdapat corak berwarna hijau pada bagian tulang daunnya. Tanaman ini cocok banget dijadikan hiasan untuk rumah ataupun kantormu.

Agar tumbuh subur, berikan perhatian yang tepat untuk keladi green spider. Jangan sampai kamu memberikan paparan sinar matahari dan juga kadar air dengan tidak tepat. Nah, mau tahu caranya? Yuk, simak selengkapnya dalam Brilio.net dari berrykinn.com dan berbagai sumber pada Rabu (24/3) berikut ini.

1. Pencahayaan.

Cara merawat keladi merah hijau green spider © Istimewa

foto: Instagram/@mader.pokok

Loading...

Hampir sama dengan beberapa jenis lainnya, keladi green spider menyukai paparan sinar matahari sedang yang teduh. Sebaiknya kamu menghindari pemberian sinar yang terlalu kuat. Hal tersebut bisa membuat kondisi kesehatan tanaman menjadi menurun. Selain itu, perubahan pada tampilan daun biasanya akan terlihat jelas. Maka dari itu, kamu bisa mengatasinya dengan memilih penempatan tanaman di lokasi yang lebih teduh.

2. Penyiraman.

Cara merawat keladi merah hijau green spider © Istimewa

foto: freepik.com

Pemberian air menjadi salah satu tahapan perawatan keladi green spider. Namun yang perlu diingat, jangan berikan air secara berlebihan pada tanaman ini. Idealnya, kamu bisa melakukan penyiraman setiap 2 hari sekali.

Untuk menghindari kondisi yang berlebihan saat melakukan penyiraman, kamu perlu membiarkan tanah terasa kering terlebih dahulu sebelum mendapatkan penyiraman lagi. Kamu bisa menyentuh permukaan tanah untuk memastikan kondisinya.

3. Kondisi tanah.

Cara merawat keladi merah hijau green spider © Istimewa

foto: freepik.com

Untuk mendukung pertumbuhannya, berikan tanah yang tepat untuk keladi green spider. Tanah dengan drainase yang baik menjadi pilihan yang tepat untuk keladi ini. Perlu diketahui, kondisi dan jenis tanah dapat memberikan pengaruh besar untuk pertumbuhan tanaman. Hal ini juga berkaitan dengan kondisi kelembapan tanaman.

4. Pemupukan.

Cara merawat keladi merah hijau green spider © Istimewa

foto: freepik.com

Tahap selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dari segi faktor pemupukan. Sama halnya dengan merawat anak, tanaman juga perlu mendapatkan asupan nutrisi dari pupuk. Maka dari itu, berikan pupuk setiap dua minggu sekali. Cara ini bisa mendukung pertumbuhan dan kesehatan tanaman keladi green spider menjadi lebih baik. Selain itu, sama seperti penyiraman, jangan berikan pupuk secara berlebihan pada tanaman hiasmu.

5. Kelembapan.

Cara merawat keladi merah hijau green spider © Istimewa

foto: Instagram/@sabu_garden

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, faktor kelembapan jadi salah satu hal yang diperlukan tanaman. Untuk menciptakan kelembapan yang lebih tinggi, basahi tanaman setiap hari. Kelembapan ini akan semakin maksimal dengan didukung faktor suhu dan juga pemberian cahaya yang cukup.

6. Efek beracun.

Cara merawat keladi merah hijau green spider © Istimewa

foto: freepik.com

Keluarga tanaman keladi dapat memberikan efek beracun ketika tertelan pada manusia dan juga hewan. Terutama untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan, pastikan tanaman tidak tertelan oleh hewan karena akan memberikan dampak yang kurang baik. Segera berikan pertolongan medis ketika kamu menemukan hewan peliharaan menelan tanaman ini. Akan lebih baik kalau kamu menempatkan tanaman keladi ini di area yang jauh dari jangkauan hewan dan anak-anak.

Jenis tanaman keladi untuk dekorasi rumah.

Cara merawat keladi merah hijau green spider © Istimewa

foto: Instagram/@ninissjamsudin

Selain keladi green spider, ada juga beberapa jenis keladi yang bisa dijadikan sebagai pilihan dekorasi rumah. Kamu bisa meletakkan di halaman ataupun sudut ruangan. Namun jangan lupa, sebelum memilih jenis tanamannya, kamu bisa memahami bagaimana cara perawatannya agar mendapatkan hasil yang baik.

Yuk, simak rekomendasi beberapa jenis tanaman keladi yang cocok untuk hiasan rumah. Berikut ulasan Brilio.net dari thespruce.com dan sumber lainnya, Rabu (24/3).

1. Yang pertama ada keladi fiesta. Tanaman ini memiliki ciri warna daun dengan perpaduan merah, putih, dan hijau. Tulang daun jenis ini berwarna merah sedangkan daun muda berwarna hijau yang lama kelamaan akan memutih dengan warna hijau yang membingkai daun.

2. Selanjutnya ada keladi carolyn. Daun berbentuk hati pada keladi carolyn atau carolyn whorton ini memiliki warna dasar hijau dengan bercak-bercak merah muda yang dipercantik lagi oleh tulang daunnya yang berwarna merah.

3. Keladi white christmas juga menarik untuk dijadikan dekorasi rumah. Tanaman ini didominasi warna putih pada daunnya. Keladi white christmas memiliki tulang daun yang berwarna hijau pekat sehingga tampil kontras dan kuat dibandingkan dengan warna putih daun.

4. Kalau kamu tertarik dengan warna merah, keladi red jaguar jadi salah satu jawabannya. Pada pinggir daunnya terdapat sedikit warna hijau dan putih sebagai garis pinggir. Tulang daun yang red jaguar juga memiliki warna merah namun sedikit lebih gelap dari warna daunnya.

5. Berbeda lagi dengan keladi tikus yang berwarna hijau dengan sedikit corak berwarna putih di pinggir daunnya. Corak ini jika diperhatikan dengan saksama membentuk wajah seekor tikus dan memiliki ekor pada daunnya.

6. Kalau tampilan yang segar dan cantik bisa kamu temukan pada keladi gingerland. Tanaman hias ini memiliki daun berbentuk hati dan berukuran kecil hingga sedang. Warna daunnya adalah putih lembut dengan pinggiran hijau tua dan totol-totol merah atau merah muda.

7. Masih dari keluarga berwarna putih, kali ini ada keladi moonlight. Pada warna putih daun, terdapat urat-urat halus berwarna hijau serta pinggiran tipis daun yang juga berwarna hijau. Dinamakan moonlight karena corak warnanya seperti cahaya rembulan pada malam hari.

8. Dan ada juga keladi jenis ace of heart yang memiliki corak daun yang hampir mirip dengan jenis pink love. Bedanya, keladi ace of heart memiliki motif hati berwarna putih pada tengah daunnya dan warna merah di bagian tulang daunnya.

9. Tentu saja nggak ketinggalan keladi jenis pink love. Keladi ini paling banyak dijual di pasaran karena motif daunnya yang cantik. Keladi pink love memiliki bentuk hati berwarna merah muda di bagian tengah daunnya yang hijau.